Selasa 20 Agustus 2019, 17:00 WIB

Belasan Turis Tiongkok Tewas dalam Kecelakaan Bus di Laos

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Belasan Turis Tiongkok Tewas dalam Kecelakaan Bus di Laos

AFP
Lokasi kecelakaan bus di Luang Prabang, Laos.

 

SETIDAKNYA 13 turis asal Tiongkok tewas dalam kecelakaan bus di Laos. Puluhan orang lainnya terluka, ketika bus tergelincir keluar dari jalan dan jatuh ke jurang dengan kedalaman 30 meter.

Seorang petugas kepolisian lokal menjelaskan, bus yang membawa lebih dari 40 turis Tiongkok, bergerak menuju kota wiata Luang Prabang. Adapun peristiwa kecelakaan terjadi pada Senin (19/8).

Baca juga: Twitter dan Facebook Tindak Akun Asal Tiongkok

"Sejauh ini, 13 jasad turis sudah ditemukan. Sementara, 2 orang lainnya masih dinyatakan hilang," ujar petugas polisi Xaiyaphon Chitavong kepada AFP. Pihaknya menduga kecelakaan itu disebabkan kerusakan rem.

Lebih lanjut, dia mengatakan, 31 orang mendapat perawatan medis. Media pemerintah Tiongkok melaporkan sejumlah foto upaya petugas penyelamat, yang mengarungi genangan air setinggi pergelangan kaki.

Kecelakaan lalu lintas di Laos, Thailand, Kamboja dan Myanmar, menjadi hal lumrah. Aturan keselamatan sering dilanggar, dan penegakan hukum relatif rendah. Musim hujan periode Juni-Oktober membuat kondisi jalan di pedesaan semakin licin.

Sektor pariwisata di Laos mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kunjungan turis asal Tiongkok meningkat 13% pada semester I 2019, dibandingkan periode serupa 2018. Data itu menurut laporan Viantiane Times, yang disokong negara. (AFP/OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More