Selasa 20 Agustus 2019, 11:21 WIB

Perang Dagang Mereda, IHSG Diprediksi Menguat

Atalya Puspa | Ekonomi
Perang Dagang Mereda, IHSG Diprediksi Menguat

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta

 

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,14 poin atau 0,29% ke level 6.315,92 pada pembukaan perdagangan hari ini, Selasa (20/8). Sejalan dengan itu, indeks saham LQ45 juga naik 0,41% ke level 987,20.

Pada perdagangan hari ini, IHSG diprediksi bergerak di zona hijau. Pasalnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan sinyal dovish kepada Tiongkok terkait perang dagang.

"Pernyataan dovish Trump terhadap Tiongkok serta pemerintah AS yang setuju memperpanjang izin bagi Huawei untuk bekerja sama dengan perusahaan AS dapat menjadi salah satu katalis positif bagi bursa Asia hari ini," kata Analis dari Valbury Sekuritas Alfiansyah dalam riset hariannya, Selasa (20/8).

Baca juga: BRI Target Pertumbuhan Pembiayaan UMKM Hingga 80%

Dirinya melanjutkan, Trump menyatakan hubungan negaranya dengan Tiongkok dalam keadaan baik-baik. Bahkan menurut Trump, kedua negara sedang melakukan pembicaraan produktif.

Trump mengatakan keadaan ekonomi AS masih tetap stabil walaupun di tengah perang dagang. Bahkan Trump meyakini ekonomi AS akan semakin maju setelah kesepakatan dengan Tiongkok tercapai.

"Kendati sentimen positif dari dalam negeri minim, diperkirakan faktor eksternal tersebut bisa mendukung bagi IHSG ke zona hijau," tutup Alfiansyah. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Asep Fathulrahman

Survei: Banyak Karyawan Dirumahkan tidak Ikut Kartu Prakerja

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 26 November 2020, 17:12 WIB
Demographic and Poverty Studies (IDEAS) melakukan riset yang melibatkan 346 responden berstatus dirumahkan, yang tersebar di 12 provinsi...
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KKP Hentikan Sementara Ekspor Benur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 15:46 WIB
Penghentian itu tertuang dalam SE Nomor : B. 22891/DJPT/PI.130/XI/2020 tentang Penghentian Sementara Penerbitan Surat Penetapan Waktu...
ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Aturan Penataan Ruang Permudah Masyarakat Memulai Usaha

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 26 November 2020, 15:45 WIB
"Tanpa tata ruang yang mudah diakses, maka masyarakat akan kesulitan untuk memulai kegiatan usaha, misalkan dalam proses bisnis UMKM...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya