Selasa 20 Agustus 2019, 07:00 WIB

Kebakaran di Gran Canaria, Warga Dievakuasi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kebakaran di Gran Canaria, Warga Dievakuasi

AFP/DESIREE MARTIN
Sebuah helikopter menjatuhkan air untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di Gran Canaria

 

KEBAKARAN melanda pulau liburan di Spanyol, Gran Canaria, Senin (19/8), dan memaksa warga dievakuasi karena kobaran api sangat tinggi sehingga pesawat tidak bisa menjatuhkan bom air.

Kebakaran ketiga dalam 10 hari terakhir itu menyebabkan sejumlah desa dengan jumlah total warga sekitar 9 ribu orang dievakuasi.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam kebakaran itu dan pariwisata di pulau yang disebut memiliki pemandangan indah itu tidak terpengaruh.

"Ini adalah kebakaran yang besar dan serius. Kebakaran ini terjadi karena gelombang panas," ujar Presiden Gran Canaria Angel Victor Torres. "Ini adalah sebuah tragedi lingkungan."

Baca juga: Jerman-Hongaria Peringati Runtuhnya Tirai Besi

Secara keseluruhan, 1.000 petugas pemadam kebakaran dan kru lainnya serta 14 helikopter dan pesawat pengebom air bekerja keras untuk memadamkan kebakaran yang telah menghancurkan sekitar 10 ribu hektare itu.

"Jumlah itu adalah yang terbesar yang pernah dilakukan di Gran Canaria dan yang terbesar di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir," ujar Menteri Lingkungan Hidup Spanyol Luis Planas/

Pasukan pemadam kebakaran mengatakan kebakaran semakin besar karena suhu tinggi, angin kencang, dan kelembaban yang rendah. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More