Senin 19 Agustus 2019, 19:20 WIB

Cukur Myanmar, Timnas U-18 Rebut Peringkat Ketiga Piala AFF

Muhammad Al Hasan | Sepak Bola
Cukur Myanmar, Timnas U-18 Rebut Peringkat Ketiga Piala AFF

ANTARA FOTO/Yusran Uccang
Pesepak bola Indonesia Muhammad Fajar Fatur Rachman (kanan) berusaha melewati dua pesepak bola Myanmar.

 

TIM Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar pada babak perebutan peringkat tiga final Piala AFF U-18. Bertanding di Stadion Thong Nat, Vietnam, Senin (19/8), Indonesia mencukur Myanmar 5-0.
 
Indonesia mendominasi permainan. Baru 15 menit berjalan, Mochammad Supriadi dan Sutan Zico beberapa kali berhasil meneror lini belakang Myanmar lewat serangan cepat dan tendangan-tendangan keras.
 
Supriadi kembali mengagetkan kiper Nay Lin Htet. Pada menit ke-22, ia melakukan tendangan voli dari dalam kotak putih, namun berhasil diantisipasi.

Masuk pada menit ke-30, belum ada serangan yang betul-betul matang dari kedua tim. Namun, beberapa menit kemudian keran gol Indonesia mulai terbuka.
 
Adalah Supriadi pada menit ke-36 melakukan umpan silang dari sisi kiri lapang ke jantung pertahanan lawan. Di sana sudah ada Fajar Fathur Rahman yang menyambut kemudian memberikannya kepada Beckham Putra yang sudah bersiaga. Tembakan keras Beckham dari dalam kotak penalti mengoyak gawang Nay Lin Htet. 1-0 untuk Indonesia.
 
Satu menit berselang, giliran Supriadi yang menyumbang gol. Memanfaatkan umpan terobosan Zico, Supriadi lari sendirian ke jantung pertahanan lawan dan mengakhirinya dengan gol. 2-0 untuk Indonesia.
 
Tiga menit berikutnya pada menit ke-40 Supriadi kembali menambah keunggulan Merah Putih. Sontekannya berhasil mengecoh kiper Nay Lin Htet lewat bola lob. Skor berubah 3-0.
 
Fajar Fathur sebetulnya memiliki kesempatan menambah keunggulan. Namun, tembakan kerasnya masih bisa diantisipasi kiper.
 
Menjelang akhir babak pertama, Beckham kembali menambah koleksi gol. Kali ini, setelah memanfaatkan umpan Zico dari sisi kiri, Beckham mengakhirinya dengan manis lewat tendangan keras. Skor berubah 4-0 untuk Indonesia.
 
Masih belum puas, skuat muda Garuda kembali menambah gol pada menit ke-47. Bagas Kaffa dari sisi kanan memberikan bola ke Supriadi yang berlari kencang menusuk jantung pertahanan lawan dan melesakkan tendangan yang kembali merobek jala kiper Nay Lin Htet. Indonesia memimpin 5-0. Sampai turun minum, Indonesia tetap mengungguli Myanmar.


Baca juga: Kalteng Putra Siap Hadapi Persija


Memasuki babak kedua, duel berjalan dengan tempo yang jauh lebih santai. Mungkin karena sudah unggul telak, Indonesia bermain dengan skema defensif. Hanya sesekali upaya menambah gol ditunjukan.
 
Di sisi lain, Myanmar berusaha lebih banyak tampil menyerang. Walaupun seringkali berhasil dipatahkan dan tidak pernah berbuah manis.
 
Peluang Indonesia sendiri terlihat pada menit ke-59. Saat itu David Maulana berusaha menembak ke arah gawang dari luar kotak penalti setelah mendapat bola muntah, namun tembakannya jauh keluar gawang.
 
Pada menit yang sama, Fajar Fathur terpaksa dibawa keluar dan digantikan Bagus Kahfi. Fajar mengalami sesak nafas sesaat setelah terjatuh keras ke tanah akibat beradu degnan dua pemain Myanmar.
 
Sepuluh menit kemudian, David Maulana mendapat kesempatan melesakan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, tembakannya masih melambung jauh ke mistar gawang.
 
Memasuki menit ke-76, Alfeandra Dewangga berkesampatan menambah keunggulan setelah memanfaatkan tendangan sudut dari Beckham. Namun, tandukannya yang menukik ke bawah masih ke menjauhi pinggir mistar gawang.
 
Sementara dari kubu lawan, peluang gol tercipta pada menit ke-78 lewat tendangan bebas. Adalah Aung Ko Oo yang didaulat mengekskusi untuk Myanmar. Namun tengan kerasnya langsung mendarat di dekapan M Adisatryo.
 
Begitupula pada menit ke-86, Aung Ko Oo kembali didaulat untuk menangani bola mati. Namun tendangannya masih melambung ke atas mistar. Sampai peluit panjang dibunyikan, Indonesia tetap unggul 5-0 dan berhal meraih peringkat ketiga Piala AFF U-18.
 
Susunan pemain:
Indonesia: Muhammad Adisatryo (GK) (Risky Sudirman 82'), Amiruddin Bagas Kaffa, M Yudha Febrian, Theo Fillo Da Costa Numberi, David Maulana (C), Beckham Putra N, Sutan Zico, Moch Supriadi (Imam Zakiri 69'), M Fajar Fathur R (Bagus Kahfi 59'), Alfeandra Dewangga S, Rizky Ridho R.
 
Myanmar: Nay Lin Htet (GK), Si Thu Moe Khant (C), Theth Hein Soe, Nyan Lin Htet, Yan Kyew Soe, La Min Htwe, Saw Kyaw Ae, Moe Swe, Khun Kyaw Zin Hein, Kaung, Khant Kyaw, Hein Htet Aung. (Medcom/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More