Senin 19 Agustus 2019, 18:25 WIB

Makan Siang Lebih Sehat

Thalatie K Yani | Weekend
Makan Siang Lebih Sehat

123rf
Manfaatkan waktu makan siang anda dengan cara yang tepat.

Sering merasa makan siang belum puas? Ikuti cara berikut untuk memaksimalkan waktu makan siang anda.

1. Buat makan siang sendiri
Membuat makan siang sendiri selain lebih murah anda mengetahui makanan itu terbuat dari apa saja. Makanan sehat sisa dari makan malam sebelumnya, bisa menjadi bekal anda dengan tambahan sayuran atau salad.
"Sayuran yang dibeli di toko harus menjadi pilihan terakhir. Bisa sarat dengan bahan-bahan pro-inflamasi, terutama minyak sayur dan perasa murah yang tidak memberikan energi untuk kerja lebih lama," ujar ahli diet Gillian Killiner.

2. Jangan makan di meja
Nikmati makan siang anda di luar ruangan, kalau bisa di tempat terbuka. Jika makan siang di meja kerja, anda mungkin akan tetap kerja dibandingkan fokus pada makanan, yang bisa membuat berat badan anda naik.  "Respon dari perut ke otak tidak akan bekerja secara optimal sehingga meninggalkan rasa tidak puas dan makan lebih dari yang disadari," ujar Killiner. Duduk membungkuk, makan tanpa berpikir mengunyah dengan baik dapat menyebabkan masalah pencernaan.

3. Maksimalkan olahraga
Satu jam mungkin terdengar tidak mungkin untuk berganti baju, olahraga, mandi, makan, dan kembali ke kantor. Tapi bukan tidak mungkin berolahraga di jam makan siang. "Latihan interval intensitas tinggi (HITT) merupakan cara yang cepat untuk bugar dalam waktu singat. Anda tidak membutuhkan gym karena hanya 20 menit saja," ujar Hollie Grant, personal trainer dan pendiri pilates PT. Caranya sangat mudah, dengan lari sprint 30 detik, 30 detik joging, atau berjalan. Anda bisa juga bersepeda atau berenang, namun jangan lupa pemanasan dan pendinginan, serta makan sesudahnya.

4. Minum dengan penuh perhatian
Sangat penting untuk minum air sesering mungkin dalam jumlah sedikit. "Terlalu banyak cairan saat makan bisa meningkatkan asam lambung yang membuat sakit dan kembung," ujar Killiner. Sekitar 250ml air cukup saat makan. Namun ia juga menyarankan minum 500ml, sekitar 30 menit sebelum makan siang. "Cara ini bisa mengurangi lapar, sehingga membantu anda mengambil keputusan untuk mengonsumsi makanan sehat," tambahnya.  

5. Hindari kemalasan pascamakan siang
Keinginan untuk tidur siang atau makan cokelat setelah makan siang sebaiknya dihindari. "Memilih makan makanan bernutisi seperti ikan dan seafood, beras merah, kue oat, quinoa, dan aneka sayuran. Ditaburi biji-bijan atau kacang," saran Killiner. (M-3)

Baca juga : Aquaman Versi Indonesia Jatuh Pada Nicholas Saputra

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More