Senin 19 Agustus 2019, 16:12 WIB

Pemerintah Jamin Keamanan di Seluruh Wilayah

Golda Eksa | Nusantara
Pemerintah Jamin Keamanan di Seluruh Wilayah

MI/Pius Erlangga
Menkopolhukam Wiranto

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menegaskan pemerintah menjamin penuh terpeliharanya stabilitas keamanan di penjuru Tanah Air. Penegasan tersebut merujuk aksi massa yang berujung anarkistis di wilayah Jawa Timur, Papua dan Papua Barat.

"Kami juga menginstruksikan aparat keamanan TNI dan Polri untuk senantiasa melaksanakan tindakan persuasif dan terukur kepada masyarakat," ujar Wiranto kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (19/8).

Pernyataan itu disampaikan setelah Wiranto menggelar rapat koordinasi untuk membahas perkembangan situasi kamtibmas di Papua dan Papua Barat. Rapat dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, tenaga ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin, serta perwakilan Kementerian Pertahanan, TNI, Polri dan BIN.

Wiranto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terpancing dan terpengaruh dengan pelbagai berita negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Masyarakat jangan terhasut informasi yang bertujuan merusak persatuan, kedamaian dan kebersamaan sebagai bangsa bermartabat.

Baca juga: Mendagri Panggil Tiga Gubernur guna Tuntaskan Kerusuhan Manokwari

Menurut dia, pemerintah menyesalkan insiden yang saat ini berkembang terkait pelecehan Bendera Merah Putih di Jawa Timur. Insiden yang berpotensi mengganggu kebersamaan dan persatuan itu bahkan disusul dengan berbagai pernyataan negatif oleh oknum-oknum yang memicu aksi di beberapa daerah, terutama di Papua dan Papua Barat.

"Terkait peristiwa itu telah diinstruksikan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan adil bagi siapapun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum dalam peristiwa ini," tuturnya.

Wiranto juga mengapresiasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang secara terbuka menyampaikan permohonan maaf atas insiden di wilayah Jatim, khususnya kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung dengan peristiwa tersebut.

Apresiasi serupa diberikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah menyampaikan pernyataan dan imbauan kepada semua pihak agar tidak memperpanjang insiden. Dalam pernyataannya, Enembe meminta semua pihak kembali menjalin persaudaraan dan kedamaian di wilayah masing-masing.

"Demikian pula saya mengapresiasi Forkompinda Papua Barat yang telah mampu menenangkan masyarakat untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah," pungkas Wiranto.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More