Senin 19 Agustus 2019, 13:29 WIB

Kurtubi Usulkan Bangun PLTN di Cilacap

mediaindonesia.com | Ekonomi
 Kurtubi Usulkan Bangun PLTN di Cilacap

Istimewa/DPR RI
Anggota Komisi VII DPR RI Kurtub

 

ANGGOTA Komisi VII DPR RI Kurtubi kembali mengusulkan agar dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Cilacap, Jawa Tengah. Ada lahan kosong sekitar 30 ribu hektare di wilayah Cilacap yang bisa dimanfaatkan untuk membangun PLTN. Keberadaan PLTN sangat strategis untuk membantu sistem kelistrikan di pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan legislator F-Nasdem tersebut di Cilacap, Jateng, usai meninjau PLTU Cilacap, Minggu (18/8/2019).

"Bupati Cilacap mendorong industrialisasi karena ada lahan 30 ribu hektar. Tanah kosong ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang handal. Saya mengusulkan dibangun pembangkit llistrik tenaga nuklir untuk menghendel 35 ribu megawatt seluruh pulau Jawa," kata Kurtubi.

Menurut politisi dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut, untuk bisa jadi negara indistri maju dibutuhkan kapasitas listrik empat kali lebih besar dari yang ada sekarang. Dengan kata lain butuh sistem transmisi tambahan 4x35 ribu mw lagi di pulau Jawa ini.

"Nah, dalam sistem yang besar ini kita harapkan bisa masuk PLTN. Dan PLTN itu didesain konstruksinya bisa tahan gempa hingga 10 skala richter seperti di Jepang. Jadi tidak ada salahnya di Cilacap ini dibangun PLTN,” pungkas Kurtubi. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More