Minggu 18 Agustus 2019, 23:50 WIB

VAR Selamatkan Hotspur

Cahya Mulyana | Sepak Bola
VAR Selamatkan Hotspur

AFP/Oli SCARFF
Pemain Manchester City Gabriel Jesus (dua kanan) melepaskan tendangan untuk menjebol gawang Tottenham Hotspur dalam laga Liga Primer .

 

TOTTENHAM Hotspur menjadi tim pertama yang menuai dampak positif dengan mulai digunakannya teknologi video asisten wasit (VAR) di Liga Primer musim ini. VAR menghindarkan Hotspur dari kekalahan saat melawan ke kandang Manchester City, Stadion Etihad, kemarin.

Di menit akhir laga, City mampu mencetak gol ketiga melalui Gabriel Jesus. Namun, wasit Michael Oliver menganulir gol tersebut setelah dalam tayangan VAR, pemain City, Aymeric Laporte, sempat menyentuh bola dengan tangan sebelum gol terjadi hingga pertandingan akhirnya berkesudahan 2-2.

Seusai pertandingan, pelatih Hotspur Mauricio Pochettino mengaku sangat menyukai penerapan teknologi VAR. “Saya jatuh cinta dengan VAR,” canda Pochettino.

Sementara itu, hasil tersebut membuat Pochettino berhasil menahan ambisi Manchester City yang ingin membalas dendam atas kegagalan di semifinal Liga Champions. Walau demikian, Pochettino menyebut penampilan tim asuhannya masih banyak kekurangan.

“Skuat saya masih belum sempurna karena harus menunggu sampai jendela transfer di Eropa ditutup untuk melihat pemain mana yang akan kita miliki, dan tentu saja itu tidak mudah,” kata Pochettino.

Pelatih City, Pep Guardiola, merasa keputusan wasit yang didukung VAR sangat mengecewakan. Pasalnya, hasil imbang tersebut membuat City sementara berada di peringkat ketiga dengan poin empat, terpaut dua poin dari Liverpool dan Arsenal yang berada di posisi satu dan dua.   

“Ketika orang-orang mengatakan City di atas kertas saat menjamu Tottenham, kenyataannya itu terjadi tapi hasilnya mengecewakan. Kami bermain luar biasa. Permainan terbaik yang kami mainkan dan itu sangat bagus, tetapi tidak bisa menang,” ungkap Guardiola.

Hasil imbang tersebut memang pantas disesali Guardiola. Pasalnya, City mampu dua kali unggul melalui gol Raheem Sterling (20’) dan Sergio Aguero (35’). Namun, keunggulan itu selalu bisa disamakan Hotspur melalui gol Erik Lamela (23’) dan Lucas Moura (56’).

Di sisi lain, Manchester United berpeluang merebut posisi puncak dari Liverpool. ‘Setan Merah’ akan mengudeta Liverpool jika mampu menang atas tuan rumah Wolverhampton Wanderers di Molineux Stadium.

Di atas kertas, ‘Setan Merah’ tidak akan sulit mengatasi perlawanan Wolverhampton. Kemenangan telak 4-0 atas Chelsea di pekan pertama menunjukkan menakutkannya skuat ‘Setan Merah’ musim ini.       

Mainkan Bale
Dari La Liga, Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane sepertinya telah berdamai dengan Gareth Bale. Di pekan pertama musim ini, Zidane yang sebelumnya dikabarkan akan menjual Bale, justru memasukkan nama Bale dalam starter saat melawan Celta Vigo.

Dalam laga tersebut Bale memang tidak mencetak gol. Namun, ia menjadi sosok kunci permainan Real Madrid untuk meraih kemenangan 3-1 dalam laga yang berlangsung di Municipal de Balaidos tersebut. Tiga gol Los Blancos ke gawang Celta Vigo dicetak Karim Benzema (12’), Toni Kross (61’), dan Lucas Vazquez (80), sedangkan gol hiburan tuan rumah dicetak Iker Losada (90’).

“Dia (Gareth Bale) akan bertahan. Kami harus fokus pada musim ini, tidak ada yang lain. Bale akan memberi kontribusi besar musim ini,” ujar Zidane. (AFP/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More