Minggu 18 Agustus 2019, 14:36 WIB

JK: Konstitusi dan Pancasila Dilaksanakan, Bukan Diseminarkan

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
JK: Konstitusi dan Pancasila Dilaksanakan, Bukan Diseminarkan

MI/SUSANTO
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan sambutan saat hadir dalam Peringatan Hari Konstitusi, Minggu (18/8).

 

WAKIL Presiden, Jusuf Kalla, menegaskan bahwa dasar falsafah negara Pancasila dibuat oleh Bung Karno sebagai suatu falsafah yang sederhana, tegas, dan mudah dipahami. Menurut Kalla, Pancasila dibuat untuk menjadi dasar bagi cita-cita bangsa.

"Kita bicara bagaimana mencapai tujuan yang baik, melalui konstitusi, Pancasila, Bung Karno tidak merumuskannya untuk diseminarkan tetapi untuk dilaksanakan," tutur Kalla di peringatan hari konstitusi di MPR Jakarta, Minggu (18/8).

Baca juga: JK: Pembukaan UUD tak Boleh Diubah

Kalla pun menyindir berbagai forum yang membahas mengenai Pancasila. Padahal, menurutnya, Pancasila bukan untuk dibahas, melainkan untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila tidak perlu dibahas atau diseminarkan terus-menerus, Jelaskan saja ke masyarakat (dengan praktek). kan jelas sekali (isinya). Selain itu dalam pembahasan Pancasila tentu dibutuhkan penghayatan, dan untuk itu harus sederhana, sebab akan sulit dipahami jika tidak sederhana," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More