Minggu 18 Agustus 2019, 14:05 WIB

Jokowi Diingatkan Selesaikan Masalah Masyarakat Adat

Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum
Jokowi Diingatkan Selesaikan Masalah Masyarakat Adat

ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana

 

PRESIDEN Joko Widodo, selama masa kepemimpinanannya, sering tampil di muka publik dengan mengenakan kostum pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain mendapat apresiasi, Presiden Jokowi juga diingatkan untuk tidak sekedar mengenakan baju-baju adat tetapi lebih dari itu melakukan kerja nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat adat di Indonesia.

"Tak usahlah berpose-ria dengan kostum pakaian adat bila janji ke nasyarakat Adat tak kunjung dipenuhi. Pencitraan tanpa substansi!" cuit sosiolog UI Tamrin Tamaloga melalui akun Twitter @tamrintamaloga, Minggu (18/8).

Komentar Tamrin tersebut menanggapi unggahan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara tentang refleksi kemerdekaan RI ke-74.

Baca juga: Meneruskan Tradisi Pakaian Adat di HUT Kemerdekaan

"Tanggal 17 Agustus, hari ini, kita merayakan hari kemerdekaan bangsa. Tapi apakah kita sudah merdeka? Masyarakat Adat sampai hari ini belum mendapat pengakuan dari pemerintah. RUU Masyarakat Adat belum disahkan. @jokowi @DPR_RI #RUUMasyarakatAdat #17Agustusan #KemerdekaanRI," cuit AMAN melalui akunnya @RumahAMAN.

AMAN mengingatkan Jokowi terkait janjinya dalam beberapa poin nawacita terkait masyarakat adat yang disampaikan pada 2014.

Namun, menurut AMAN, tidak ada satu pun dari janji tersebut yang terpenuhi hingga menjelang habis periode pertama masa pemerintahan Jokowi.

"RUU Masyarakat Adat tidak kunjung selesai. Bahkan Daftar Isian masalahnya saja tidak pernah sampai ke DPR padahal RUU ini penting sekali bagi masyarakat adat." (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More