Sabtu 17 Agustus 2019, 22:00 WIB

UI Gandeng Gojek di Program Akselerator UI Works

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
UI Gandeng Gojek di Program Akselerator UI Works

Dok. Universitas Indonesia
Kerja sama UI dan Gojek di program Akselerator UI Works

 

UNIVERSITAS Indonesia (UI) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum terus berupaya melangkah untuk meningkatkan kewirausahaan di lingkungan kampus, salah satunya mengadakan Program Akselerator UI Works dibawah Direktorat Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha.

UI pun menandatangani kerja sama dengan Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) untuk mendukung Program Akselerator UI Works dalam hal mentorship, memberikan masukan untuk perbaikan kualitas peserta Program Akselerator UI Works.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit – Unit Usaha (DPPU) UI Nia A.I Noerhadi mengatakan, sebanyak 30% dari peserta Program Akselerator UI Works berasal dari luar UI. Dari 86 usaha rintisan (start-up) yang telah mendaftar dari seluruh Nusantara, terpilihlah 15 start-up peserta angkatan pertama.

"Dari 15 peserta yang terpilih, 10 start-up berasal dari UI dan 5 start-up berasal dari luar UI yang diantaranya datang dari Bandung dan Surabaya. Salah satu start-up yang menarik pada angkatan pertama ini adalah Koptul (Kopi Tuli) yang 3 orang foundernya merupakan teman tuli,” kata Nia A.I Noerhadi dalam rilis pers kepada media, Sabtu (17/8).

Angkatn pertama program akselerator UI Works terbagi dalam 3 kategori, yaitu engineering/science, digital platform, dan consumer product.

Baca juga : Universitas Terbuka kembali Gelar Turnamen Tenis Meja Pelajar

Dalam program ini, para peserta akan mengikuti program intensif selama kurang lebih tiga bulan untuk mengembangkan usaha masing-masing dengan fokus komersialisasi.

Selain kerja sama dengan Gojek UI juga menggandeng para mitra strategis antara lain Bekraft, Mandiri Capital Indonesia, Assegaf Hamzah & Partner, Kejora Venture, Plug and Play, Code Margonda yang telah berpengalaman membina usaha rintisan.

Kegiatan program akselerator UI Works akan ditutup dengan acara puncak Demo Day yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2019 di Financial Club Jakarta.

Pada acara tersebut peserta program akselerator UI Works akan diberikan kesempatan untuk melakukan Pitching atau memperkenalkan ide bisnis start-up dalam waktu singkat di depan para calon investor yang datang dari berbagai industri.

"Pada kesempatan ini juga UI juga mengundang seluas-seluas para investor untuk hadir pada acara demo day tersebut," ujar Nia.

Dengan adanya program ini, Nia berharap dapat memacu dan menginspirasi start-up secara nasional sehingga lebih siap memasuki dunia industri. Harapannya program ini dapat berlangsung terus menerus sehingga meningkatkatn hubungan antara akademisi, pengusaha rintisan, industri serta pemerintah sebagai pembuat kebijakan. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More