Sabtu 17 Agustus 2019, 20:18 WIB

Bawaslu : SDM Unggul Perlu Diikuti Integritas Tinggi

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Bawaslu : SDM Unggul Perlu Diikuti Integritas Tinggi

MI/Ramdani
Ketua Bawaslu Abhan

 

DALAM merenungi perayahan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Badan Pengawas Pemilu memaknai dengan membutuhkan jajarannya yang diisi oleh orang-orang yang jujur, berintegritas, dan profesional dalam perannya memajukan demokrasi bangsa Indonesia.

Ketua Bawaslu Abhan, memandang, apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang cakap, maka harus ditingkatkan dalam pengalaman pengawasan pemilu dan penegakkan hukum pemilu.

Ia melanjutkan, apabila sumber daya manusia Bawaslu kurang jujur, maka akan sulit memperbaikinya bahkan akan merusak demokrasi Bangsa Indonesia.

"Masa depan Bangsa Indonesia akan sangat tergantung SDM Bawaslu yang cerdas, cakap, dan berintegritas," kata Abhan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (17/8).

Baca juga : AHY Dukung Program Pembangunan SDM Jokowi

Abhan percaya, sukses pengawasan Pemilu 2019 berasal dari integritas dan profesionalitas jajaranya selama ini. Namun, dia mengaku bakal terus mengingatkan kualitas SDM Bawaslu ini di masa depan. Terlebih, pada 2020 akan ada penyelenggaran Pilkada serentak di 270 daerah.

"Karakter SDM Bawaslu berintegritas sudah tidak bisa ditawar lagi," ucap Abhan

Ia menambahkan, "Mari kita berupaya mengisi kemerdekaan dengan kerja dan prestasi demi kemajuan demokrasi Indonesia," ucap Abhan.

Disatu sisi, Anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin menuturkan, hari kemerdekaan bisa diartikan kemandirian dan ketiadaan tekanan dalam kerja pengawasan pemilu.

"Smangat kemerdekaan dengan tema SDM unggul ini, harapan kita memunculkan semangat merdeka dari tekanan dan merdeka untuk melakukan sesuatu yang penting sesuai aturan," tutur Afif kepada Media Indonesia. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More