Sabtu 17 Agustus 2019, 17:57 WIB

Ormas Gerakan Reformis Islam Gelar Upacara Bendera Merah Putih

Benny Bastiandy | Politik dan Hukum
Ormas Gerakan Reformis Islam Gelar Upacara Bendera Merah Putih

MI/Benny Bastiandy
Ketua Umum DPP Garis Chep Hernawan saat menjadi petugas pengibar bendera Merah Putih, Sabtu (17/8).

 

PONDOK Pesantren Nurul Hidayah di Kampung Palalangon, Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jadi lokasi upacara HUT ke-74 RI yang digelar ormas Gerakan Reformis Islam (Garis) serta Satuan Brimob Polda Jabar, Sabtu (17/8). Sebagai petugas pengibar bendera Merah Putih yakni Ketua Umum DPP Garis Chep Hernawan.

Bagi Chep, upacara bendera tersebut menjadi bukti memupus stigma yang melekatkan Garis sebagai ormas anti-NKRI ataupun anti-Pancasila. Sekaligus juga menjadi ajang pembuktian bahwa dirinya bukan pemimpin ormas radikal.

"Bagi kami, NKRI dan Pancasila itu harga mati," tegas Chep Hernawan kepada wartawan, Sabtu (17/8).

Chep cukup terganggu dengan predikat yang selama disandangkan terhadap Garis sebagai organisasi pendukung Islamic State (IS) di Suriah ataupun organisasi radikalis. Chep membantah semua tudingan tersebut.

"Selama ini kami selalu dituduh teroris dan radikalis. Saya sampaikan, semuanya itu hoaks," ucap Chep.

Baca juga: Yayasan Dharma Bakti Lestari Susun Aspek Sejarah Ratu Kalinyamat

Di kampung tersebut selama ini dikenal sebagai daerah dengan toleransi antarumat beragama cukup tinggi. Di sana terdapat cukup banyak gereja yang berdampingan dengan masjid maupun pondok pesantren.

"Pada kegiatan ini kami bersama dengan Satuan Brimob Polda Jabar melaksanakan upacara HUT ke-74 RI sekaligus bakti sosial berupa pengobatan gratis," tandas Chep.

Wakil Komandan Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Barat, Komisaris Maman Ismail, mengatakan upacara HUT ke-74 RI sekaligus bakti sosial pengobatan gratis bersama ormas Garis merupakan bentuk menjaga keutuhan NKRI. Langkah tersebut cukup efektif membawa bangsa Indonesia ke arah lebih maju.

"Kami menjalin persaudaraan dengan semua elemen bangsa untuk menjaga," kata Ismail.

Personel Kompi 3 Brimob Polda Jabar yang bermarkas di Cipanas, Cianjur, mengisi rangkaian upacara pengibaran bendera Merah Putih pada HUT ke-74 RI dengan membawakan seni hadroh dan marawis. Di Kompi 3 Brimob Polda Jabar, seni hadroh dan marawis itu sudah ada sejak lima tahun lalu.

"Kami lebih merakyat dan agamis," tegas Komandan Kompi 3 Brimob Polda Jabar, Inspektur Satu Apep YM. (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More