Sabtu 17 Agustus 2019, 17:22 WIB

WNI di Arab Saudi Diminta Jaga Nama Baik Bangsa

Sitria Hamid | Haji
WNI di Arab Saudi Diminta Jaga Nama Baik Bangsa

BAHAUDDIN/MCH2019
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua dari kiri) berkunjung ke Museum Sahabat di Jabal Umar, Mekah, Arab Saudi, kemarin.

PERINGATAN hari kemerdekaan harus dapat memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bangsa dan negara. Warganegara Indonesia di Arab Saudi juga diharapkan dapat menjaga nama baik serta mengharumkan nama bangsa.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan hal itu, saat menjadi pemimpin upacara dalam peringatan HUT RI ke-74, di Konsulat Jendera Rl di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (17/8).

"Sebagai warga negara, dapat menjaga nama baik serta menjadi mengharumkan bangsa di dunia internasional. Kemudian bangsa kita pun juga bisa merasakan manfaat dari kehadiran kita. Saya pikir itu cara kita memaknai kemerdekaan," kata menag, dalam upacara yang juga dihadiri WNI di Jeddah, Konsul Jenderal Heri Syarifuddin, jajaran staf konjen, delegasi Amirul Hajj serta jajaran pejabat Kementerian Agama.

Menurut menag, memaknai kemerdekaan dengan memberikan kontribusi dan sumbangsih yang terbaik bagi kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara. "Saya pikir itu dua hal setidak-tidaknya cara kita memaknai kemerdekaan tahun ini," katanya.

Memperingati hari kemerdekaan, lanjut menag, juga merupakan tanda kecintaan yang luar biasa kepada tanah air.

Menag menyampaikan rasa syukur karena peringatan hari kemerdekaan di Arab Saudi berlangsung dengan baik dan lancar.

"Dan karenanya kita bersyukur karena kecintaan bangsa kita meskipun berada jauh dari Indonesia, berada di Saudi Arabia tetap punya kecintaan yang luar biasa," katanya lagi.

Kecintaan tersebut, diwujudkan dengan memperingati HUT Indonesia ke-74. Kemudian memaknai dengan cara mensyukuri kemerdekaan dan mendoakan para pendahulu. Kemerdekaan dinilai adalah buah hasil dari perjuangan pendahulu.

Sementara, Konjen Heri Syarifuddin mengatakan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini istimewa karena dihadiri Amirul Hajj dan delegasi.

Seusai upacara peringatan hari kemerdekaan dilakukan pemotongan tumpeng oleh menag, dan berbagai lomba yang diikuti oleh WNI di Jeddah.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More