Sabtu 17 Agustus 2019, 15:47 WIB

Demonstrasi Hong Kong di Australia Kian Memanas

Ihfa Firdausya | Internasional
Demonstrasi Hong Kong di Australia Kian Memanas

AFP
Demonstran pro demokrasi memenuhi jalan-jalan utama di Kota Hong Kong.

 

RATUSAN demonstran pro-Tiongkok melakukan pawai di jalanan Sydney, Australia, Sabtu (17/8). Ini adalah respons para demonstran tersebut terhadap meningkatnya jumlah demonstrasi yang mendukung protes di Hong Kong. Para demonstran berbaris melewati kota dan meneriakkan One China. Mereka juga mengibarkan bendera Tiongkok dan mengacungkan spanduk bertuliskan hentikan kerusuhan, akhiri kekerasan di Hong Kong.

"Ada banyak kekerasan dan protes keras di Hong Kong," kata Zhao, seorang pengunjuk rasa yang juga pengacara di Sydney kepada AFP.

"Orang-orang Hong Kong menderita karenanya dan kami ingin menyuarakan seruan kami untuk perdamaian dan ketertiban di Hong Kong."

Dalam pawai tersebut, seorang pro-demokrasi Hong Kong diamankan polisi untuk menghindarkannya dari gerombolan demonstran yang marah.
Ketegangan antara kelompok pro-Tiongkok dan pro-demokrasi Hong Kong semakin meningkat di Australia.

Sebelumnya, beberapa unjuk rasa kecil oleh mahasiswa Hong Kong telah diadakan di universitas-universitas Australia. Hal Ini membuat marah beberapa mahasiswa Tiongkok daratan. Beberapa konfrontasi dan perkelahian di kampus pun tidak terelakkan.

Konsulat Tiongkok di Brisbane memuji patriotisme spontan mahasiswa pro-Beijing setelah bentrokan di satu universitas. Teguran keras pun datang dari Canberra. Pemerintah Negeri Kangguru memperingatkan para diplomat agar tidak merusak hak-hak dasar atau mendorong perilaku yang mengganggu atau berpotensi kekerasan.

Pada Jumat (16/8) kemarin, berbagai unjuk rasa bergerak dari kampus ke jalan-jalan dengan jumlah yang jauh lebih besar. Ratusan orang mendukung gerakan demokrasi Hong Kong di kota-kota besar di seluruh Australia.

Polisi sempat membubarkan konfrontasi yang memanas di Melbourne dan Sydney setelah aktivis pro-Tiongkok tiba.

"Kami memahami bahwa akan ada gagasan yang berbeda," kata pemimpin unjuk rasa demokrasi pro-Hong Kong, Dennis Chui, kepada AFP.

baca juga: Hasil Otopsi Menyimpulkan Jeffrey Epstein Gantung Diri

"(Tapi) kebebasan dan demokrasi adalah nilai-nilai inti di Australia dan kami harus menghormati ini," tambahnya.

Unjuk rasa pro-Hong Kong lainnya direncanakan digelar di Sydney, Minggu (18/8) besok. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More