Sabtu 17 Agustus 2019, 14:35 WIB

BI Resmi Luncurkan Standar QR Indonesia

Faustinus Nua | Ekonomi
BI Resmi Luncurkan Standar QR Indonesia

ANTARA/Aprillio Akbar
Pegawai Bank Indonesia (BI) menunjukkan bukti transaksi menggunakan peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS), Sabtu (17/8).

 

BANK Indonesia (BI) resmi meluncurkan Standar QR Indonesia atau Quick Response Indonesia Standard (QRIS) di Jakarta (17/8). 

Peresmian kode standar yang juga disebut QRIS Unggul tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo di halaman BI bertepatan dengan Upacara HUT RI ke 74 di Jakarta.

Dengan peluncuran QRIS tersebut secara serentak pula di 46 cabang BI di berbagai daerah, bank-bank, dan fintech memulai menggunakan dan tunduk standar QR Indonesia ini.

"Hari ini akan diberlakuakan (QRIS) secara nasional. "Apa itu QRIS Unggul ? Adalah QR Indonesia Standard yang bisa membendakan transaksi domestik dengan internasional," ujar Perry Warjiyo.

Standar QR ini disebut unggul karena sifat atau keunggulangnya yang universal, gampang, untùng dan langsung. 

Untuk sifatnya yang universal sendiri, QRIS ini dapat berlaku secara nasional dan internasional. Semua lapisan masyarakat bisa menggunakannya dan merasakan manfaatnya untuk transaksi keuangan elektronik sehari-hari.

"Karena memang QRIS akan mendorong inklusi keuangan. Semua lapisan masyarakat bisa menggunakan ini. Para penjual baso, penjual mie goreng, ataupun juga pasar-pasar di pasar desa saya, pasar nasinal maupun pasar internasional akan bisa menggunakan QRIS ini," tuturnya.

Unggul juga bermakna semua pengguna QRIS akan gampang atau tidak akan mengalami kesulitan karena QRIS dapat langsung ditaping pada ponsel masing-masing.

Baca juga: BI Beri Sinyal akan Kembali Turunkan Tingkat Suku Bunga

Untung, QRIS pun memberi keuntungan kepada setiap penggunanya, baik masyarakat kecil, pengusaha maupun perbankan dan fintech. Hal ini tentu saja akan mendorong efisiensi keuangan yang bisa dirasakan masyarakat luas.

"Semuanya untung, tidak hanya perbankan tapi semua juga untung dlam bentuk uang elektronik maupun saldo rekening di bank", kata dia.

Selain itu, keunggulan terakhir QRIS ialah produk ini bisa digunakan secara seketika (real time). Melalui uang elektronik atau rekening tabungan di bank transaksi bisa terjadi seketika.

"Langsung adalah real time, seketika bisa kita lakukan. Dengan QR ini trañsaksi bisa langaung terjadi, tidak hanya transaksi jual beli tapi juga transaksi pembayarannya" pungkasnya

QRIS ini sendiri dirancang oleh BI bekerja sama dengan perbankan nasional dan juga fintech yang tergabubg dalam working group. Pada saat peluncuran juga dihadiri perwakilan dari asosiasi perbankan dan fintech untuk mendukung dan mempromosikan QRIS ini. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More