Sabtu 17 Agustus 2019, 14:09 WIB

Pertamina Hulu Mahakam Upayakan Optimalkan Produksi

Usman Kansong | Ekonomi
Pertamina Hulu Mahakam Upayakan Optimalkan Produksi

MI/Usman Kansong
Pertamina akan mengoptimalkan produksi minyak dan gas di Blok Mahakam.

 

PRODUKSI minyak dan gas di Blok Mahakam mengalami penurunan alami sejak 2010. Penurunan itu sudah diperkirakan sebelumnya. Sebagai contoh, pada 2016 dan tahun-tahun sebelumnya, produksi gas berada di atas 1.600 MMscfd. Namun, pada 2017 produksi menurun menjadi sekitar 1.300 MMscfd dan 2018 hanya 890 MMscfd.

Oleh karena itu, Pertamina Hulu Mahakam yang kini mengelola Blok Mahakam berupaya mengoptimalkan produksi minyak dan gas. Pjs General Manager PT Mahakam Hulu Migas, Noor Syarifudin kepada Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto yang berkunjung ke Blok Mahakam, Jumat (16/8) menjelaskan empat upaya untuk mengoptimalkan produksi minyak dan gas di sana.

Pertama, secara terus menerus mengurangi biaya pengembangan. Kedua, mengurangi biaya operasi. Ketiga, mendorong eksplorasi baik sumur lama maupun pencarian sumur-sumur baru. Saat ini sudah ditemukan dua sumur baru. Keempat, menjaga harga jual gas yang menarik.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan Blok Mahakam merupakan blok yang menjadi harapan baru.

"Untuk produksi gas, Blok Mahakam yang terbesar setelah Blok Tangguh," kata Dwi dalam arahannya.

baca juga: Pertamina Hulu Mahakam Upayakan Optimalkan Produksi

Dwi mendorong Pertamina Hulu Mahakam yang mengambil alih Blok Mahakan dari Total itu untuk mengupayakan optimalisasi produksi migas lebih baik lagi.

"Pertamina jangan ragu untuk berinvestasi. Kalau ada hal-hal yang menjadi kendala, bicara kepada saya supaya saya carikan jalan keluarnya," ucap Dwi. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More