Sabtu 17 Agustus 2019, 01:58 WIB

2020, Pembiayaan Anggaran Lewat Utang Ditarget Rp351,9 T

Atalya Puspa | Ekonomi
2020, Pembiayaan Anggaran Lewat Utang Ditarget Rp351,9 T

Antara/Dhemas Reviyanto
Menteri keuangan Sri Mulyani

 

PEMERINTAH menargetkan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan belanja Negara 2020 yang berasal dari utang yakni sebesar Rp351,9 triliun. Angka tersebut turun dibanding 2019 yang mencapai Rp373,9 trilun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pihaknya akan berupaya menjaga utang dalam batas aman, yaitu pada kisaran 29,4%-30% terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Di 2020, pemerintah juga akan mengutamakan pemanfaatan utang untuk kegiatan produktif," kata Sri di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

Baca juga : target Ekonomi Tumbuh 5.3%, Indef Nilai Pemerintah Dalam Tekanan

Selain itu, dirinya mengungkapkan pemerintah juga akan menjaga keseimbangan makro dengan menjaga komposisi utang domestik dan valas dalam batas terkendali serta pendalaman pasar keuangan.

Adapun, pihak pemerintah juga akan meningkatkan efisiensi biaya utang dengan mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam pasar obligasi domestik (financial deepening).

Selanjutnya, pengelolaan utang secara aktif melalui manajemen kewajiban dan aset, serta mengelola pinjaman luar negeri secara selektif. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More