Sabtu 17 Agustus 2019, 01:53 WIB

Dana Desa Difokuskan untuk Pengembangan SDM

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Dana Desa Difokuskan untuk Pengembangan SDM

Antara/Dewi Fajriani
Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo

 

PEMERINTAH pada 2020, mengalokasikan dana desa sebesar Rp72 triliun, naik dari anggaran yang dikeluarkan tahun ini yakni Rp70 triliun.

Sebagian besar dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi ekonomi sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa.

Baca juga : Upaya Memajukan Desa dan kelurahan Lewat Dana Desa dan Kelurahan

"Jadi sekarang fokusnya tidak lagi ke infrastruktur. Mulai tahun ini dan tahun depan lebih banyak pada pemberdayaan SDM dan ekonomi desa. Dari situ kita akan dorong BUMdes dan desa wisata," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Jumat (16/8).

Eko mengatakan manfaat dari pengembangan pariwisata dan Badan Suaha Milik Desa (BUMDes) sangat cepat dirasakan oleh masyarakat desa. Bahkan, di beberapa daerah, pendapatan yang dihasilkan dalam setahun melebihi jatah dana desa yang diterima desa itu sendiri.

"Dari program itu ada begitu lapangan kerja yang tercipta. Walaupun kita sadari di sisi lain, ada juga pengurangan tenaga kerja di sektor pertanian karena modernisasi," tuturnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More