Sabtu 17 Agustus 2019, 02:00 WIB

15 Gejala Kanker yang Harus Diketahui

Timi Trieska Dara | Humaniora
15 Gejala Kanker yang Harus Diketahui

Ilustrasi--Foto: Pinterest.
gejala kanker

 

Kanker disebut merupakan salah satu penyakit penyumbang angka kematian paling banyak di dunia. Ada 15 gejala kanker yang harus Anda ketahui.
Jakarta: Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali yang menyebabkan jaringan tubuh normal rusak. Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) kanker merupakan salah satu penyakit penyumbang angka kematian paling banyak di dunia.
 
Meski demikian, masih ada harapan penyakit ini disembuhkan. Berikut 15 gejala kanker yang harus Anda ketahui, seperti dilansir WebMD:


1. Perubahan pada kulit
 
Bintik baru pada kulit Anda atau yang mengubah ukuran, bentuk, atau warna bisa menjadi tanda kanker kulit. Selain itu, tempat yang tidak terlihat sama dengan yang lain di tubuh Anda. Jika Anda memiliki tanda yang tidak biasa, minta dokter memeriksa kulit Anda. Dia akan melakukan pemeriksaan dan dapat mengangkat sepotong kecil (disebut biopsi) untuk melihat sel-sel kanker lebih dekat.
 
2. Batuk yang tak kunjung sembuh
 
Jika Anda tidak merokok, sangat kecil kemungkinan batuk yang mengganggu adalah tanda kanker. Biasanya, batuk disebabkan oleh tetesan postnasal, asma, refluks asam, atau infeksi. Tetapi jika batuk tak kunjung hilang atau Anda batuk darah-terutama jika Anda perokok- kunjungi dokter. Dia mungkin menguji lendir dari paru-paru Anda atau melakukan rontgen dada untuk memeriksa kanker paru-paru.
 
3. Perubahan payudara
 
Sebagian besar perubahan payudara bukan kanker. Namun, tetap penting untuk memberi tahu dokter Anda tentang perubahan itu dan memeriksanya. Biarkan dokter tahu tentang benjolan, perubahan atau pengeluaran puting, kemerahan atau penebalan, atau nyeri pada payudara Anda. Dia akan menguji dan mungkin menyarankan mammogram, MRI, atau mungkin biopsi.
 
4. Kembung
 
Anda mungkin merasa penuh, kembung karena diet atau bahkan stres. Tetapi jika itu tidak membaik atau Anda juga mengalami kelelahan, penurunan berat badan, atau sakit punggung, periksalah. Kembung konstan pada wanita mungkin merupakan tanda kanker ovarium. Dokter akan memeriksa panggul untuk mencari penyebabnya.
 
5. Masalah ketika pipis
 
Banyak pria mengalami masalah buang air kecil seiring bertambahnya usia, seperti lebih sering pipis, mengompol, atau aliran air seni yang lemah. Biasanya, ini adalah tanda-tanda pembengkakan prostat, tetapi juga bisa berarti kanker prostat. Temui dokter Anda untuk pemeriksaan dan mungkin tes darah khusus yang disebut tes PSA.
 
6. Kelenjar getah bening yang bengkak
 
Anda memiliki kelenjar kecil berbentuk kacang di leher, ketiak, dan tempat-tempat lain di tubuh Anda. Ketika mereka bengkak, itu sering berarti Anda melawan infeksi seperti radang tenggorokan. Beberapa kanker seperti limfoma dan leukemia juga dapat menyebabkan pembengkakan jenis ini. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya.
 
7. Berdarah saat buang air
 
Jika Anda melihat darah di toilet setelah Anda buang air kecil atau besar, ada baiknya berbicara dengan dokter Anda. Kotoran berdarah kemungkinan berasal dari pembengkakan vena yang disebut wasir, tetapi ada kemungkinan itu kanker usus besar. Darah di kencing Anda bisa menjadi masalah seperti infeksi saluran kemih, tetapi mungkin kanker ginjal atau kandung kemih.
 
8. Perubahan testis
 
Jika Anda melihat adanya benjolan atau pembengkakan di testis, Anda harus segera ke dokter. Benjolan tanpa rasa sakit adalah tanda paling umum dari kanker testis. Namun kadang-kadang, seorang pria mungkin hanya memiliki perasaan berat di perut bagian bawah atau skrotumnya atau berpikir testisnya terasa lebih besar. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik di daerah tersebut dan dapat menggunakan pemindaian ultrasound untuk melihat apakah ada tumor atau masalah lain.
 
9. Sulit menelan
 
Flu biasa, asam lambung, atau bahkan beberapa obat dapat membuat Anda sulit menelan sesekali. Jika tidak membaik seiring waktu atau dengan antasid, kunjungi dokter. Sulit menelan juga bisa menjadi tanda kanker di tenggorokan atau pipa antara mulut dan perut Anda yang disebut kerongkongan. Dokter akan memeriksa dan beberapa tes seperti barium X-ray, di mana Anda menelan cairan kapur untuk menunjukkan tenggorokan Anda lebih jelas pada gambar.
 
10. Pendarahan vagina yang tidak biasa
 
Pendarahan yang bukan bagian dari menstruasi normal Anda dapat memiliki banyak penyebab, seperti fibroid atau bahkan beberapa jenis kontrol kelahiran. Tetapi beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami perdarahan di antara menstruasi, setelah berhubungan seks, atau keluar darah. Dokter akan menyingkirkan kanker rahim, leher rahim, atau vagina. Pastikan untuk memberi tahu dia jika Anda mengalami pendarahan setelah menopause. Itu tidak normal dan harus segera diperiksa.
 
11. Masalah Mulut
 
Dari bau mulut hingga sariawan, sebagian besar perubahan di mulut Anda tidak serius. Tetapi jika Anda memiliki bercak putih atau merah atau luka di mulut Anda yang tidak sembuh setelah beberapa minggu-terutama jika Anda merokok-kunjungi dokter. Ini mungkin tanda-tanda kanker mulut. Hal-hal lain yang harus dicari: benjolan di pipi, kesulitan menggerakkan rahang, atau sakit mulut.
 
12. Penurunan berat badan
 
Tentu saja Anda bisa langsing ketika Anda mengubah cara makan atau berolahraga. Itu juga bisa terjadi jika Anda memiliki masalah lain, seperti stres atau masalah tiroid. Tetapi tidak normal kehilangan 10 pon atau lebih tanpa itu semua. Ada kemungkinan itu tanda awal kanker pankreas, lambung, kerongkongan, paru-paru, atau jenis kanker lainnya.
 
13. Demam
 
Demam biasanya bukan hal yang buruk. Terkadang itu hanya pertanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi. Ini juga bisa menjadi efek samping dari beberapa obat. Tetapi demam yang tak kunjung hilang dan tidak memiliki penyebab yang jelas bisa menjadi tanda kanker darah seperti leukemia atau limfoma.
 
14. Mulas atau gangguan pencernaan
 
Hampir setiap orang memiliki perasaan terbakar ini kadang-kadang, seringkali karena diet atau stres. Jika perubahan gaya hidup tidak berhasil dan gangguan pencernaan Anda tidak berhenti, dokter akan melakukan beberapa tes untuk mencari penyebabnya. Itu bisa menjadi tanda kanker perut.
 
15. Kelelahan
 
Banyak hal yang dapat membuat Anda sangat lelah, dan biasanya tidak serius. Tetapi kelelahan adalah salah satu tanda awal beberapa kanker, seperti leukemia. Beberapa kanker usus besar dan perut dapat menyebabkan kehilangan darah yang tidak dapat dilihat dan membuat Anda merasa sangat lelah. Jika Anda terhanyut sepanjang waktu dan istirahat tidak membantu, bicarakan dengan dokter Anda.(medcom/OL-09)
 

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More