Jumat 16 Agustus 2019, 20:46 WIB

Fokus pada SDM, Pemerintah Tidak Lupakan Bangun Infrastruktur

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Fokus pada SDM, Pemerintah Tidak Lupakan Bangun Infrastruktur

MI/M. Irfan
presiden Joko Widodo dan Kabinet Kerja saat sidang bersama DPR, MPR, DPD, Jumat (16/6)

 

PEMERINTAH pada 2020 memfokuskan belanja negara untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Namun, bukan berarti program pengembangan infrastruktur ditinggalkan begitu saja.

Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

"Infrastruktur akan terus dibangun ke seluruh pelosok dan difokuskan pada konektivitas di sepanjang rantai pasok. Kita akan menghubungkan pasar dengan sentra-sentra produksi rakyat, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan dan industri, termasuk UMKM," ujar Presiden  dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Baca juga : Presiden: SDM Adaptif Teknologi Penting di Era Ekonomi Digital

Pemerintah juga akan meneruskan pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) dan transportasi massal lainnya. Tujuannya jelas yakni untuk mengoneksikan dan mengefisienkan keseluruhan sistem transportasi di kota-kota besar.

Terkait pembiayaan, mengingat terbatasnya APBN, pemerintah akan mengedepankan skema pendanaan yang kreatif seperti Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Partisipasi swasta dalam penyediaan infrastruktur publik melalui skema pembiayaan kreatif semacam ini dilakukan dengan memperhatikan value for money," tuturnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More