Jumat 16 Agustus 2019, 23:40 WIB

Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Anda Nurlaila | Humaniora
Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi: Times of India.
Uban

 

 Rambut yang mulai berubah warna biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir usia 30 tahun-an. Penyebab uban adalah folikel rambut yang tidak lagi memproduksi melanin.
 

Jakarta: Semakin dewasa usia kehadiran uban di kepala sulit dihindari. Rambut yang mulai berubah warna biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir usia 30 tahun-an.
 
Penyebab uban adalah folikel rambut yang tidak lagi memproduksi melanin. Akibatnya rambut yang tumbuh akan berubah menjadi abu-abu, perak hingga berwarna putih.


Mengutip WebMD, ada beberapa penyebab rambut putih muncul, yakni:
 
Genetik
 
Apabila salah satu  dari orang tua Anda mulai beruban di usia 30-an, ada kemungkinan Anda juga mengalaminya.
 
Ras
 
Orang Asia mulai beruban pada akhir 30-an, orang kulit putih pada pertengahan 30-an dan orang Afrika-Amerika pada usia pertengahan 40-an.
 
Penyakit
 
Gangguan kesehatan seperti kekurangan vitamin B12, tomur langka dan penyakit tiroid dapat memengaruhi munculnya rambut putih di kepala.
 
Stres
 
Stres berdampak tidak langsung pada uban. Saat tertekan, rambut akan rontok sekitar 3 kali lebih cepat dari biasanya. Saat tumbuh kembali, warna rambut mungkin berubah menjadi abu-abu dan bukan warna aslinya.
 
Merokok
 
Satu studi menunjukkan bahwa perokok 2,5 kali  lebih mungkin mengalami pertumbuhan uban dini sebelum usia 30 tahun daripada mereka yang bukan perokok. Selain itu, asap rokok juga bisa membuat rambut abu-abu keperakan Anda terlihat menguning.
 
Perawatan rambut beruban
 
Merawat kelembaban dan minyak di kulit kepala dapat mengurangi rambut kusam dan kering. Panas dan cahaya dari lampu atau matahari bisa memutihkan rambut yang sudah berwarna kelabu dan membuatnya tampak kuning. Shampo berwarna ungu dapat membantu membuat rambut Anda berwarna perak cerah.
 
Berbagai cara tampil gaya meski beruban
 
1. Anda dapat menyembunyikan rambut kelabu dengan cara kreatif. Kenakan ikat kepala yang cantik. Atau ganti gaya rambut dengan belahan di bagian kepala yang warnanya masih alami.
 
2. Mewarnai rambut adalah cara mudah mengatasi uban. Cari produk pewarna rambut yang dirancang untuk rambut beruban. Pewarna permanen akan lebih baik menutupi akar membandel daripada warna semipermanen. Anda juga dapat menggunakan warna-warna terang yang dapat menyatu lebih baik di rambut abu-abu atau perak.  
 
3. Natural
 
Jika Anda siap menua dengan anggun, biarkan uban tumbuh alami. Tanyakan pada penata rambut seberapa banyak uban di kepala Anda. Jika tidak banyak, gunakan highlight. Atau gunakan warna-warna terang yang menyatu dengan baik dengan rambut.
 
4. Gaya rambut pas
 
Dengan gaya dan tekstur yang bagus, uban di kepala tetap dapat membuat tatanan rambut terlihat menarik. Perbaiki potongan rambut 6-8 minggu sekali. Banyak wanita yang mulai beruban memotong rambut menjadi pendek. Gaya rambut layer yang membuat rambut bergerak lebih cantik kendati helai-helai perak mulai menghiasi kepala.

Baca Juga

Instagram @mediaindonesia

Masa PSBB Transisi, Kesadaran Bersama Masyarakat Jadi Kunci

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 04 Juni 2020, 21:09 WIB
"Di masa kenormalan baru adalah kita dituntut uuntuk tetap efektif tetapi sekaligus terhindar dari penularan...
Antara/Mohamad Hamzah

Kemendikbud bakal Sederhanakan Kurikulum dan Modul Belajar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 04 Juni 2020, 20:11 WIB
Penyederhanaan kurikulum ini pun nantinya akan berdampak terhadap jam belajar siswa baik yang menjalankan kegiatan belajar mengajar secara...
Twitter @aw3126

Luar Biasa! Jokowi Targetkan Pengujian Spesimen 20.000 per Hari

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 04 Juni 2020, 19:40 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta proses pengujian spesimen bisa dilakukan lebih agresif dengan mencanangkan target...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya