Jumat 16 Agustus 2019, 18:13 WIB

PPP Buka Peluang Gandeng Gerindra di Pilkada 2020

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
PPP Buka Peluang Gandeng Gerindra di Pilkada 2020

MI/Susanto
Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani.

 

SEKRETARIS Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, menyampaikan pihaknya membuka peluang berkoalisi dengan Gerindra di Pilkada mendatang. Hal tersebut sebagai hasil pertemuan antara Ketuan Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dengan Plt Ketum PPP, Suharso Monoarfa.

"Ini juga mau Pilkada langsung dengan 270 daerah dengan 9 diantaranya gubernur. Kita juga membuka peluang koalisi dengan Gerindra," tutur Arsul di Kompleks Parlemen di Jakarta, Jumat (16/8).

Baca juga: Romahurmuziy Segera Disidang

Arsul menerangkan koalisi antar parpol untuk pilkada memang tidak harus sama dengan koalisi nasional pada pemilu presiden kemarin. Menurutnya, hal tersebut wajar terjadi pada setiap pilkada.

"Biasanya koalisi di bawah tidak harus linier dengan yang diatas koalisinya. Di beberapa daerah, kami membuka kemungkinan untuk berkoalisi dengan Gerindra," tutur Arsul.

Namun, ia menegaskan koalisi untuk Pilkada berbeda dengan nasional terkait dengan pemerintahan, khususnya untuk posisi kementerian. Menurutnya, hal tersebut merupakan hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden terpilih.

"Kalau gerindra secara formal bergabung ke koalisi pemerintahan itu domainnya Jokowi sebagai presiden, sikap PPP menyerahkan kepada Jokowi soal tersebut. Lagi pula, hal itu tidak dibahas karena bukan ranah PPP untuk hal tersebut, tetapi PPP sudah menyampaikan bahwa kami menyerahkan sepenuhnya ke pak Jokowi," tutur Arsul. (OL-6)

Baca Juga

MI/Lina Herliina

Kapolri Instruksikan Cegah Permainan Harga Pangan Saat Pandemi

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 07:15 WIB
Beberapa jenis pelanggaran atau kejahatan yang mungkin terjadi yaitu permainan harga dan penimbunan barang serta adanya pihak yang...
MI/Ramdani

Implementasikan Pembatasan Segera

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 April 2020, 05:47 WIB
Banyak imbauan untuk menekan penularan covid-19 masih diabaikan. Karena itu, PSBB yang memiliki sanksi diharapkan efektif menumbuhkan...
MI/M Irfan

Publik Tuntut Keterbukaan Legislasi

👤EMIR CHAIRULLAH 🕔Senin 06 April 2020, 03:30 WIB
Proses pembahasan RUU Cipta Kerja dan RKUHP secara daring dikhawatirkan tidak mampu mengakomodasi dialog...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya