Jumat 16 Agustus 2019, 16:50 WIB

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Solo

Widjajadi | Nusantara
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Solo

MI/widjajadi
Densus 88 Tangkap Abdul Rochim,Anggota Jaringan Teroris KelompokHarry Kuncoro di Solo:

 

TIM Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap Abdul Rochim, warga kampung Sekip, RT03/RW03, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, yang merupakan bagian jaringan teroris kelompok Harry Kuncoro.

Rochim ditangkap di kawasan Mojosongo, Jumat (16/8) pagi, dan dilanjutkan penggeledahan di rumahnya. Belum ada satu pun pejabat Polri di jajaran Polresta Surakarta yang bersedia memberikan penjelasan terkait penangkapan anak buah Harry Kuncoro.

Baca juga: Kabut Asap Pekat Selimuti Kota Jambi

Puluhan wartawan yang mencoba melakukan pantauan dari dekat proses penggeledahan sempat dilarang masuk ke gang menuju rumah terduga teroris.

Namun dari berbagai informasi yang diperoleh Media Indonesia menyebutkan, ahli mekanik itu memiliki peran yang sangat penting bagi jaringan Harry Kuncoro. Ia disebut-sebut memberikan bantuan dana untuk kepentingan pentolan teroris yang dekat bomber Noordin M Top itu, untuk lari ke Khurosan, Suriah.

Selain itu, juga memberikan bantuan bagi Harry Kuncoro dalam pembuatan dokumen diri palsu, baik KTP dan Paspor dengan nama Wahyu Nugroho, yang bersiap gabung dengan ISIS di Suriah.

Harry Kuncoro yang sebelum ditangkap Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Bandara Soeksrno Hatta, Cengkareng pada awal Februati silam, memiliki rekam jejak panjang dalam kasus teror di Indonesia. Dia sempat tiga kali keluar masuk penjara karena terlibat dengan kelompok Jamaah Islamiyah (Jamaah Islamiyah) pimpinan Nurdin M Top dan Dr. Azhari.

Dia pernah melakukan aksi teror di beberapa wilayah, seperti di Bali, NTB, dan serangan di Juli 2018. Terorisme di Jogja juga ikut aktif. Dan yang membuat Harry Kuncoro sangat berpengaruh di jaringan teroris Indonesia, karena yang bersangkutan sangat dekat dengan ISIS, dan pernah berhabung dalam kelompok Taliban.

Sementara itu, anggota Linmas Banjarsari, Agus Santosa, yang menyaksikan penggeledahan di rumah terduga, Abdul Rochim, mengatakan Tim Densus 88 menemukan sejumlah barang seperti kabel, VCD, Samurai, baju beladiri, dan flash disk. Selain ahli mekanik, terduga Abdul Rochim juga bertugas mengajar di TPA ( Taman Pendidikan Al Quran ). (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More