Jumat 16 Agustus 2019, 16:10 WIB

Tingkatkan Utilisasi Gas Bumi Industri

Emir Chaerullah | HUT RI
Tingkatkan Utilisasi Gas Bumi Industri

ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO
PGN Goes to campus

 

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) memulai kerja sama yang saling menguntungkan melalui penandatanganan Pokok-Pokok Kerja Sama atau HoA (Heads of Agreement).

Pelaksanaan penandatanganan HoA pada Jumat (09/08/2019), oleh Direktur Utama PGN Gigih Prakoso dan Presiden Direktur TPPI Yulian Dekri di kantor pusat PGN, disaksikan manajemen PGN serta TPPI. Lingkup kerja sama HoA meliputi penyaluran jual-beli gas bumi guna memenuhi
kebutuhan energi gas bumi milik TPPI yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur, dan HoA ini merupakan dasar pelaksanaan bagi penyusunan Perjanjian Jual Beli Gas dengan waktu yang akan disepakati kedua pihak.

“HoA ini intinya akan memayungi kerja sama yang saling menguntungkan di antara PGN dan TPPI yang tergabung dalam Pertamina Group,” tegas Gigih.

Saat ini, industri petrochemical merupakan salah satu dari lima segmen besar industri yang menggunakan kebutuhan gas bumi. PGN melayani 320 pelanggan petrochemical dengan volume 127 BBTUD. Sektor chemical mengambil porsi 15% dari proporsi segmen industri.

PGN yang sekarang menjalankan perannya sebagai subholding gas merupakan badan usaha distribusi dan transmisi gas bumi yang mengelola mayoritas infrastruktur di seluruh Indonesia. Sebagai subholding gas, saat ini PGN mengelola sekitar ±3 miliar kaki kubik per hari (billion cubic feet per day/Bcfd), setara dengan 98% pangsa pasar bisnis transmisi gas, juga menguasai dan mengoperasikan 96% dari total infrastruktur gas di Indonesia.

“Sudah menjadi komitmen PGN untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi, utamanya untuk pemenuhan kebutuhan di berbagai sektor di dalam negeri,” ungkapnya.

Seiring dengan kemampuan tersebut, PGN berencana meningkatkan layanan gas bagi sektor kelistrikan, industri, transportasi, maupun rumah tangga. Berbagai keunggulan layanan ditawarkan seperti pasokan yang stabil dan berkesinambungan serta lebih ramah lingkungan.

TPPI sendiri merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang usaha energi dan petrokimia yang mana memiliki perjanjian pengolahan sebagai bahan baku. “Kerja sama dengan industri petrochemical ini memiliki prospek yang cerah di Indonesia dengan kemampuan serta keunggulan pengalaman. Pemainnya antara lain TPPI untuk provinsi Jawa Timur,” ungkap Yulian.

Kedua entitas berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis dengan memanfaatkan kompetensi masing-masing. Terlebih lagi, kerja sama ini akan menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan perekonomian nasional.

Melalui kerja sama pemanfaatan gas bumi ini, PGN diharapkan mampu membuktikan dan memberikan dampak nyata terhadap akses energi gas bumi k  seluruh masyarakat. Selain itu, subholding gas juga dapat tetap memberikan pelayanan terbaik dengan portofolio produk dan layanan yang dimiliki dalam keluarga besar holding migas dan fokus kepada layanan pelanggan ke seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya mudah di akses, tapi energi yang dinikmati masyarakat juga harus affordable.


Perluasan

Sebelumnya PGN dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tentang kerja sama pemanfaatan gas bumi dan penyediaan information and communication technology (ICT).

Penandatanganan MoU dilakukan Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum PHRI Hariyadi Budi Santoso Sukamdani serta disaksikan Direktur Utama PGN, manajemen PGN, dan perwakilan PHRI. Direktur Strategi Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Mukhtar mengatakan, sesuai MoU dalam jangka waktu setahun ke depan akan dijalankan aktivitas agar pemanfaatan gas bumi bagi para anggota PHRI dapat terwujud.

“Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi, PGN memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pemanfaatan energi baik gas bumi di dalam negeri. Kami berharap kerja sama PGN dengan PHRI dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kedua belah pihak,” ujar Syahrial.

Menurut Syahrial, ruang lingkup kerja sama sinergi pengembangan bisnis dengan PHRI ini meliputi penyediaan dan pemanfaatan gas bumi dan information and communication technology (ICT) untuk hotel dan restoran, serta bentuk kerja sama potensial lainnya yang dapat dilakukan seluruh pihak untuk pengembangan dan pertumbuhan sektorsektor penting industri pariwisata di Indonesia.

Syahrial menambahkan, PGN sesungguhnya telah memasok kebutuhan gas bumi di sejumlah hotel dan restoran di berbagai wilayah. Namun, kerja sama dengan PHRI baru sekarang dilaksanakan dan PGN berharap semakin banyak hotel dan restoran yang dapat memanfaatkan energi baik gas bumi yang terbukti lebih aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat. (P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More