Jumat 16 Agustus 2019, 15:55 WIB

Pemindahan Ibu Kota Negara Terselip dalam Doa Sidang Tahunan MPR

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Pemindahan Ibu Kota Negara Terselip dalam Doa Sidang Tahunan MPR

MI/Susanto
Warga berpose aktifitas keseharian dengan latar belakang suasana lengang Jakarta di kawasan Sudirman, Jakarta

 

KEINGINAN mengenai pemindahan ibu kota negara terselip saat pembacaan doa pada sidang tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Doa tersebut dibacakan oleh anggota DPD RI Kalimantan Timur, Muhammad Idris. Saat membaca doa, ia menyelipkan doa agar pemimpin negara memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Baca juga: Presiden Pastikan Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

"Yaa rabb, bulatkan tekad para pemimpin kami, para pejabat lembaga tinggi negara, alim ulama, cendikiawan, cerdik pandai, masyarakat, khususnya untuk memindahkan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota Negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Idris, Jumat (16/8).

Dalam doanya, Idris berharap dengan dipindahkannya ibu kota ke Kalimantan Timur dapat menjadi solusi untuk mengatasi segala kesulitan yang ada pada ibu kota saat ini, yakni Jakarta.

"Allahumma Ya Allah, Yang Maha Agung, sekiranya pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia itu Ya Allah, sebagai solusi yang terbaik untuk mengatasi segala kesulitan ibu kota negara," kata Idris.

Usai doa tersebut dibacakan, Ketua DPD, Oesman Sapta Odang (OSO), kemudian menanggapinya dengan tertawa. Ia kemudian mengamini doa tersebut. "Semoga harapannya dan kita semua bisa dikabulkan," ujar OSO.

Sebelumnya, OSO mendukung penuh rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

"Kami mendukung rencana pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan," kata OSO.

Baca juga: Fahri Hamzah tak Restui Pemindahan Ibu Kota

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada rapat tahunan MPR RI, hari ini, juga meminta restu untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta. Pemindahan ibu kota, kata dia, demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Visi Indonesia maju juga bisa diraih dengan proses ini.

"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More