Jumat 16 Agustus 2019, 15:45 WIB

Sandiaga Uno Sebut Pemindahan Ibu Kota Perlu Dikaji

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Sandiaga Uno Sebut Pemindahan Ibu Kota Perlu Dikaji

ANTARA
Sandiaga Uno

 

MANTAN Cawapres Sandiaga Uno menanggapi keputusan Presiden Jokowi untuk memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Sandiaga menyebut pemindahan ibu kota perlu dikaji secara mendalam dan harus memperhatikan aspek ekonomi, khususnya mengenai properti dan biaya hidup masyarakat.

Sandiaga mengaku khawatir jika rencana pemindahan ibu kota negara tersebut tidak dipikirkan dengan matang.

"Karena kita khawatir nanti harga properti naik semua di Pulau Kalimantan dan biaya hidup yang tidak terjangkau masyarakat di sana itu yang jadi fokus kita ke depan," kata Sandiaga, ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8).

Meski demikian, Sandiaga mengaku tidak ingin berspekulasi lebih jauh. Menurutnya, jika kondisi keuangan mendukung untuk dilakukannya pemindahan ibu kota, maka hal tersebut bisa saja terealisasi.

"Kita harus hati-hati kami tidak langsung bilang setuju atau tidak, tapi kami ingin pelajari lebih seksama dan mungkin bicara dengan beberapa pengamat bagaimana posisi keadaan keuangan kita ke depan," ungkap Sandi.

Baca juga: Presiden Pastikan Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya pada rapat tahunan MPR RI, meminta restu untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta. Pemindahan ibu kota, kata dia, demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Visi Indonesia maju juga bisa diraih dengan proses ini. 

"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi.

Sementara itu, Ketua DPD Oesman Sapta Odang mendukung penuh rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

"Kami mendukung rencana pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan Ibukota negara ke Pulau Kalimantan," kata Oesman dalam pidatonya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More