Jumat 16 Agustus 2019, 14:53 WIB

Pemerintah Bidik Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di 2020

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Bidik Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di 2020

MI/Pius Erlangga
Ilustrasi

 

PEMERINTAH menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3% pada 2020. Konsumsi dan investasi masih diplot sebagai mesin penggerak utama.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo optimistis penanaman modal baik dalam negeri maupun asing akan terus mengalir karena adanya persepsi positif atas Indonesia.

Pemerintah juga terus menyempurnakan iklim investasi melalui berbagai program mulai dari penerapan Online Single Submission untuk kemudahan berusaha hingga pemberian insentif fiskal bagi perusahaan-perusahaan.

Selain menyampaikan target pertumbuhan ekonomi, Presiden Jokowi juga menetapkan angka inflasi pada level 3,1% tahun depan. Adapun, nilai tukar rupiah diperkirakan berada di kisaran Rp14.400 per dollar Amerika Serikat.

"Asumsi tersebut didasarkan pada kondisi perekonomian dunia yang masih dibayangi ketidakpastian," ujar Presiden Jokowi dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2019-2020 di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

baca juga: Bea Cukai Kalbagsel Terbitkan Fasilitas PLB untuk Perusahaan CPO

Selanjutnya, harga minyak mentah Indonesia diperkirakan sekitar US$65 per barel. Dengan sensitivitas yang tinggi terhadap berbagai dinamika global, Pemerintah akan terus memantau pergerakan harga minyak dan komoditi global. Terkait lifting minyak dan gas bumi, pemerintah mengasumsikan akan ada capaian sebesar 734 ribu barel dan 1,19 juta barel setara minyak per hari. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More