Kamis 15 Agustus 2019, 21:57 WIB

Syarikat Islam-Berkah Usaha Halal Dirikan Lembaga Pemeriksa Halal

Kristiadi | Nusantara
Syarikat Islam-Berkah Usaha Halal Dirikan Lembaga Pemeriksa Halal

MI/Kristiadi
Penandatangan pembentukan Lembaga Pemeriksa Halal

 

PENGURUS Syarikat Islam Wilayah Jawa Barat (Jabar) dan PT Berkah Usaha Halal melakukan penandatanganan dalam rangka pendirian Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang diberi nama LPH Berkah Usaha Halal, Kamis (15/8/).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Jawa Barat M. Saepuddin dan dari  Direktur Raihani Keumala dari PT Berkah Usaha Halal

"LPH Berkah Usaha Halal yang didirikan oleh Syarikat Islam ini menjadi LPH lembaga keagamaan islam yang ketiga menyusul setelah LPH Nahdlatul Ulama dan LPH Muhammadiyah," kata Direktur LPH Raihani Keumala dalam siaran persnya.

Ia menjelaskan, LPH ini didirikan dalam rangka partisipasi masyarakat dan lembaga keagamaan dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH).

Baca juga : Bogasari Bantu Sertifikasi Halal UKM

Lembaga Pemeriksa Halal sebagaimana yang di atur dalam Pasal 13 UU JPH yang menyebutkan bahwa, LPH harus diajukan oleh lembaga keagamaan Islam berbadan hukum.

"Tujuan dibentuknya LPH ini sebagaimana di atur undang-undang untuk mempermudah masyarakat memperoleh produk halal dan kepastian tentang kehalalan produk," jelasnya.

Dirinya berharap, masyarakat Jawa Barat yang tergabung dalam jemaah Syarikat Islam, UMKM serta pengusaha dapat melakukan sertifikasi halal atas produknya dalam rangka mendukung pelaksanaan UU JPH, guna mendukung terlaksananya mandatory sertifikasi halal pada tanggal 17 Oktober 2019.

Hadir menyaksikan dalam penandatanganan kerjasama tersebut Komisaris Utama PT Berkah Usaha Halal Ayep Zaki, Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah. dan sejumlah Pimpinan Wilayah serta Dewan Wilayah Syarikat Islam. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More