Jumat 16 Agustus 2019, 10:25 WIB

Millenial Rentan Terkena Serangan Jantung dan Diabetes

Rizky Noor Alam | Weekend
Millenial Rentan Terkena Serangan Jantung dan Diabetes

MI/RAMDANI
Pencari kerja mengisi biodata dan cv saat mendatangi bursa kerja

Ada fakta unik terbaru mengenai kehidupan kaum millenial. Para ahli menyebut, tingkat stres yang dihadapi kaum millenial seperti dalam hal sulitnya memiliki rumah atau mendapatkan pekerjaan telah memicu kemungkinan mereka mudah terserang penyakit jantung atau diabetes tipe 2.

Sebagaimana disitata dari Daily Mail, emosi naik turun yang berulang dalam fase kehidupan awal diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan produksi hormon stres cortisol. Dengan beban hidup yang berat tersebut akan membuat seseorang lebih berisiko terkena serangan jantung ataupun stroke.

Direktur kesehatan The Health Foundation, Jo Bibby memperingatkan  generasi saat ini lebih mudah stres karena sering berpindah-pindah. Meskipun dalam hal pekerjaan lebih baik, banyak dari mereka berada dalam pekerjaan kontrak sementara yang berujung pada munculnya kekhawatiran keuangan.

"Hal-hal ini yang nampaknya menjadi masalah sosial bagi mereka, namun sebenarnya adalah masalah kesehatan," kata Bibby.

Bibby menambahkan jika kita ingin mendapatkan kesehatan secara sosial di usia 30 tahun, maka harus berpikir tentang pengalaman yang dialaminya selama ini, baik dalam hal personal, sosial, tempat tinggal ataupun pekerjaan. Pasalnya stres yang dialami karena faktor internal dapat mempengaruhi hormon dan sistem imun seseorang. Jika hal itu terjadi dalam waktu yang lama maka akan turut mempengaruhi fungsi tubuh menjadi abnormal.

"Seratus tahun yang lalu banyak orang meninggal karena penyakit-penyakit menular. Namun sekarang karena kondisi sosial ekonomi banyak orang yang memiliki kesehatan buruk serta terancam mati muda," kata Bibby.

The Health Foundation sendiri dikabarkan akan merilis temuan tersebut dalam waktu dekat, yang mana akan menjadi penemuan terbesar dalam dunia kesehatan yang belum pernah dirilis sebelumnya. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More