Kamis 15 Agustus 2019, 18:15 WIB

Ekonom: Program Cetak SDM Unggul Tepat

Nur Aivanni | Ekonomi
Ekonom: Program Cetak SDM Unggul Tepat

Ist
Ekonom UI Ari Kuncoro

 

EKONOM UI Ari Kuncoro menilai langkah pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp1.162,83 triliun untuk empat proyek utama mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, sudah tepat.

"Empat program tersebut sudah tepat. Yang penting adalah teknisnya bagaimana," kata Ari saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (15/8).

Untuk diketahui, empat program yang disiapkan pemerintah yakni pertama, percepatan pengurangan jumlah kematian ibu dan stunting. Kedua, pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi untuk industri 4.0.

Baca juga: Menristekdikti Dorong Kampus Cetak SDM Unggul Jadi Entrepreneur

Ketiga, pembangunan science technopark dengan mengoptimalisasi Triple Helix di empat universitas utama. Keempat, digitalisasi dan integrasi bantuan sosial.

Jika empat program tersebut tidak diimplementasikan secara tepat, lanjut Ari, tujuan yang hendak dicapai tidak akan bisa terwujud. Maka itu, persiapan yang matang untuk mengimplementasikan keempat program tersebut perlu dilakukan.

Ia pun menilai keempat program tersebut sebaiknya dilakukan secara serentak.

"Secara strategi oke, tinggal bagaimana implementasinya (dari keempat program itu). (Keempat program) Itu bisa dilakukan secara sekaligus," tandasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More