Kamis 15 Agustus 2019, 16:00 WIB

Ketua DPR: Tidak Masalah Jokowi Umumkan Kabinet Lebih Cepat

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Ketua DPR: Tidak Masalah Jokowi Umumkan Kabinet Lebih Cepat

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
residen Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo

 

KETUA DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menanggapi positif rencana Presiden Jokowi yang akan mengumumkan nama calon menteri dalam waktu dekat. Menurutnya tidak ada yang salah dengan rencana Jokowi mengumumkan nama menteri kendati dirinya belum dilantik sebagai presiden Indonesia periode 2019-2024.

"Jadi selama tidak diatur dan apa yang dilakukan presiden adalah hak prerogatif presiden dan menurut saya baik juga. Karena beliau adalah incumbent meneruskan periodenya maka diumumkan sebelum atau pada saat periode baru itu tidak masalah," ungkap Bamsoet saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/8).

Baca juga: Jokowi Langgar UU Jika Umumkan Kabinet Sebelum Pelantikan

Sepengetahuan Bamsoet, ada beberapa menteri lama yang masih dipertahankan oleh Jokowi. Sisanya merupakan nama menteri-menteri baru yang akan diumumkan lebih awal dari susunan menteri lama. Bamsoet menilai diumumkannya nama menteri baru lebih awal dapat menjadi masa percobaan yang penting untuk bisa mempersiapkan diri ketika sudah dilantik.

"Presiden sudah tau kebutuhan pemerintahannya lima tahun ke depan maka ia memberikan komposisi pemerintahannya lebih banyak profesionalnya menurut Saya itu pilihan tepat," tuturnya.

Bamsoet mengaku Jokowi telah berkomunikasi dengan parpol pendukung sebelum mengantongi nama menteri. Dirinya meyakini Jokowi juga sudah mempertimbangkan usulan-usulan yang disampaikan oleh parpol.

"Tinggal beliau yang menentukan dengan hak prerogatif yang dimilikinya menentukan orang-orang sesuai dengan rencana kerja lima tahun ke depan," ungkapnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More