Kamis 15 Agustus 2019, 14:50 WIB

Sulsel Siaga Karhutla, Gubernur Minta Semua Pihak Terliba

Lina Herlina | Nusantara
Sulsel Siaga Karhutla, Gubernur Minta Semua Pihak Terliba

Antara/Abriawan Abhe
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (tiga kiri) saat menghadiri apel gelar pasukan penanggulangan karhutla di Makassar, Sulsel, Kamis (15/8).

 

PEMPROV Sulawesi Selatan (Sulsel) dan TNI-Polri  menggelar apel terpadu penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, di Pelataran Trans studio Makassar, Kamis (15/8).

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, selain oleh pemerintah setempat dan aparat penegak hukum, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Karena itu, masyarakat diminta untuk mencegah dengan tidak merokok saat memasuki hutan, hal ini mengingat musim kemarau di Sulsel sudah sangat panjang. "Kita bikin itu aturan, tidak boleh bawa rokok masuk hutan," kata Nurdin.

Selain itu, Nurdin menjelaskan bahwa kebakaran hutan di Sulsel itu tidak sama dengan kebakaran hutan di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

"Di sini itu bukan karena untuk buka lahan atau sejenisnya, tapi karena kesalahan manusia yang merokok masuk hutan dan buang puntung rokok, mengakibatkan lahan terbakar," katanya.

Gubernur Sulses mencontohkan kasus kebakaran hutan pendidikan di Bengo-bengo, Kabupaten Maros, Sulse yang langsung cepat diantisipasi.

"Tapi yang pasti hingga saat ini, memang potensi hotspot itu ada di seluruh Indonesia, termasuk di Sulsel. Hanya saja hingga saat ini tidak ada, semoga saja tidak, dan itulah yang diantisipasi dengan apel gelar pasukan tadi," urai Nurdin.

Dalam pencegahan kebakaran hutan dan lawan, Pemda Sulsel mengajak anggota personel TNI dan Polri.

Pada kesempatan yang sama, Nurdin juga meninjau kesiapan alat-alat seperti mobil siaga Polri dan BNPB termasuk kesiapan helikopter milik BNPB dan milik TNI AU, dimana dua helikopter tersebut berjenis BEL 1412 dan BO 105.

Sebelumnya, pihak Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) Wilayah IV Makassar merilis, jika pekan ini, titik api ada di sekitar Danau Matano, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel, dengan intensitas 60%-61%. (OL-09)

Baca Juga

ANTARA

Posko Penyekatan Mulai Dilonggarkan

👤Mohammad Ghazi 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 02:55 WIB
Saat ini, fungsi posko penyekatan hanya terbatas pada pendataan dan pemeriksaan awal kesehatan pendatang yang nantinya akan dikoordimasikan...
DOK MI

Tingkat Kesembuhan Kasus Korona di Riau Capai 84%

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 02:15 WIB
Sembuhnya 100 pasien positif covid-19 di Riau menjadikan daerah itu berada pada posisi nomor dua nasional tingkat kesembuhan yaitu sebesar...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Kawasan Wisata di Bantul Belum akan Segera Dibuka

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 02:05 WIB
Dinas Pariwista perlu penyiapan sejumlah penyiapan sarana dan prasarana serta edukasi kepada para pelaku usaha pariwisata agar selalu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya