Kamis 15 Agustus 2019, 14:24 WIB

Pemerintah akan Impor 50 Ribu Ton Daging Sapi dari Brasil

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pemerintah akan Impor 50 Ribu Ton Daging Sapi dari Brasil

MI/Susanto
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

 

Pemerintah akan membuka keran impor daging sapi sebesar 50 ribu ton dari Brasil hingga akhir tahun ini. Impor tersebut akan dilaksanakan oleh tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Perum Bulog sebesar 30 ribu ton, PT Berdikari 10 ribu ton dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) 10 ribu ton.

Penugasan tersebut ditetapkan melalui keputusan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan kebijakan pembelian daging sapi dari Brasil dilaksanakan sebagai upaya diversifikasi sumber impor. Selama ini, dalam hal impor daging sapi, Indonesia selalu bergantung pada Australia.

"Jadi ini untuk mencari sumber pasokan baru. Kalau hanya bergantung dengan Australia, nanti kita didikte oleh mereka," ujar Enggartiasto melalui keterangan resmi, Kamis (15/8).

Walaupun menambah pasar baru, bukan berarti pemerintah menambah jumlah impor, melainkan hanya membagi sumber ke dua tempat.

PT Berdikari sebelumnya menyatakan siap mendatangkan 10 ribu ton daging sapi secara bertahap mulai dari September hingga akhir tahun.

“Kalau lancar, September sudah mulai masuk,” ucap Direktur Utama Berdikari Eko Taufik Wibowo. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More