Kamis 15 Agustus 2019, 13:38 WIB

Formasi Kabinet Jokowi Dinilai Cukup Menjanjikan

Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum
Formasi Kabinet Jokowi Dinilai Cukup Menjanjikan

MI/ROMMY PUJIANTO
Pengamat Politik LIPI, Syamsudin Haris.

 

PRESIDEN Joko Widodo sudah merampungkan susunan kabinet untuk pemerintahan barunya. Meski masih menunggu waktu untuk mengumumknnya, Jokowi memberi bocoran komposisi menterinya terdiri dari 55% kalangan profesional dan 45% dari partai politik.

Pengamat Politik LIPI, Syamsudin Haris, menyebutkan komposisi ini meski belum sepenuhnya ideal tetapi dianggap cukup menjanjikan.

Baca juga: Jokowi Langgar UU Jika Umumkan Kabinet Sebelum Pelantikan

"Meskipun belum ideal, formasi kabinet yang terdiri dari 55 persen profesional nonpartai dan 45 persen dari parpol, saya kira cukup menjanjikan. Jika pak @jokowi konsisten dengan janji formasi tersebut tampaknya akan banyak elite parpol yang kecewa dan gigit jari," katanya melalui cuitan akun twitter-nya @sy_haris, Kamis (15/8).

Ia menjelaskan komposisi kabinet ideal memang harus memberi ruang bagi kalangan profesional lebih besar.

"Betul ada orang parpol profesional tapi terikat juga akhirnya dengan kepentingan partainya. Masyarakat tentu berharap pak @jokowi lebih utamakan kabinet profesional berbasis keahlian ketimbang kabinet politik berbasis balas jasa politik," lanjut Haris.

Pada periode kedua ini kata dia Presiden Jokowi harus lebih percaya diri untuk membentuk kabinet.

"Pak @jokowi mestinya bisa lebih percaya diri dalam membentuk kabinet. Tidak perlulah beliau memberi kesan hendak mengajak parpol yang kalah pilpres untuk masuk ke dalam pemerintah. Hal itu bukan hanya tidak baik bagi negeri ini, tapi juga tidak bagus untuk legacy Jokowi sendiri," pungkas Haris. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More