Kamis 15 Agustus 2019, 09:56 WIB

Jadikan Minum Air Putih Sebagai Suatu Kebiasaan

Eni Kartinah | Humaniora
Jadikan Minum Air Putih Sebagai Suatu Kebiasaan

AFP/Drew Angerer
Aktivitas sehari-hari termasuk saat berolahraga sangat membutuhkan air putih.

 

BANYAK orang yang masih sulit melakukan kebiasaan baik minum air putih. Alasannya biasanya karena air putih memiliki rasa yang tawar dan bahkan ada yang merasa air putih tersebut pahit.

Perlu diketahui bahwa jika minum air putih yang cukup,  ternyata baik untuk metabolisme tubuh dan konsentrasi. Namun, ternyata minum air putih itu gampang-gampang susah. Apalagi bagi mereka yang tidak suka air tawar dan lebih suka minuman rasa-rasa.

Dari situs kesehatan alodokter.com, dr. Allert Benedicto Ieuan Noya mengatakan Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan, terbilang mudah. Tanda awal yang umumnya dirasakan ketika seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala lain yang mungkin juga dirasakan ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik yaitu merasa pusing, sakit kepala, mulut, bibir, dan mata terasa kering, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kurang energi, dan kelelahan.

Oleh karena itu kita dianjurkan untuk minum air putih dalam satu hari delapan gelas sehari. Menurut Merry Widiastuti selaku Product Officer Tupperware Indonesia, ada beberapa cara termudah untuk terbiasa minum air putih.

Tips mudah untuk membiasakan minum air putih.

Pertama, usai bangun tidur : Segera penuhi asupan cairan dengan minum air putih usai bangun tidur. Segelas air putih di pagi hari membantu tubuh untuk segera bangun dan beraktivitas. Selain itu, air putih membantu tubuh mendorong keluar radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar untuk metabolisme tubuh semalam.

Kedua, Sebelum dan sesudah makan : Minum air putih sebelum makan membantu seseorang merasa lebih kenyang. Itu artinya, jumlah makanan yang masuk ke tubuh lebih sedikit. Selain itu, dengan minum sebelum makan akan melembapkan lapisan lambung. Hal ini membantu mengurangi rasa tak nyaman saat makan. Sesudah makan, jangan lupa juga untuk kembali minuim air. 

Ketiga, Membawa Botol Minum Sendiri. Siapa sangka dengan membawa botol minum sendiri dari rumah, secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran. Membawa botol air minum sendiri membuat hidup lebih fleksibel, saat dalam perjalanan tiba-tiba merasa haus, maka tidak perlu repot mencari minimarket untuk membeli air minum.

Dengan bekal yang selalu tersedia, otomatis akan mencegah tubuh terkena dehidrasi. Selain itu dengan membawa botol minum sendiri,kita telah mendukung gerakan mengurangi sampah botol minum sekali pakai. Jadi selain tubuh sehat, kita juga menjaga kelestarian lingkungan.

Tentunya botol yang digunakan harus ramah lingkungan atau eco bottle yang terbuat dari material berkualitas tinggi dan BPA free atau Bisphenol A (bahan kimia untuk mengeraskan platik) sehingga aman digunakan berkali-kali. Berbeda dengan botol air minum kemasan yang dijual di pasaran, plastik yang digunakan berkualitas paling rendah dan mudah tercemar bakteri. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More