Rabu 14 Agustus 2019, 22:50 WIB

Kebakaran di Gunung Ciremai Padam, 343 Ha Lahan Edelweis Hangus

Ahmad Rofahan | Nusantara
Kebakaran di Gunung Ciremai Padam, 343 Ha Lahan Edelweis Hangus

Antara
Sebuah helikopter dari BNPB lepas landas dari lapangan milik warga untuk melakukan "water bombing" di lereng Gunung Ciremai

 

BADAN Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi di puncak Gunung Ciremai telah padam. Namun akibat peristiwa tersebut, kawasan tumbuhnya bunga edelweis seluas 343 hektare hangus terbakar.
 
Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, mengatakan, lokasi kebakaran terjadi di habitat edelweis yang masuk di wilayah Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, dengan luas 343 hektare.
 
"111 hektare masuk wilayah Kuningan, sedangkan 232 hektare masuk wilayah Majalengka," kata Agus saat dimintai konfirmasi, Rabu (14/8).


Baca juga: Membangun Benteng Alam dan Rambu Tsunami


Agus mengungkapkan, habitat bunga edelweis yang terbakar berada pada ketinggian 2.600 meter dari permukaan laut (mdpl) hingga 3.078 mdpl. Tingginya lokasi kebakaran membuat operasi pemadaman cukup terkendala.
 
"Kendala dalam pemadaman ini, salah satunya karena lokasinya berada di puncak. Selain itu, lokasinya juga sangat terjal," jelas Agus.
 
Sebelumnya puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat mengalami kebakaran hebat. Kebakaran mulai terlihat sejak 7 Agustus 2019.
 
Selain menggunakan pemadaman secara manual, pemadaman kebakaran ini juga menggunakan helikopter water bombing yang didatangkan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB). (Medcom/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More