Rabu 14 Agustus 2019, 20:12 WIB

Listrik Padam Diduga Serangan Siber, Bareskrim Polri Turun Tangan

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Listrik Padam Diduga Serangan Siber, Bareskrim Polri Turun Tangan

MI/PIUS ERLANGGA
Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan sekitarnya mengalami pemadaman listrik massal pada Minggu (4/8) hingga Senin (5/8).

 

KEPALA Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Idham Aziz mengatakan, pihaknya sempat memerintahkan Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri guna melakukan penyelidikan terhadap peristiwa besar listrik padam total (blackout). Sebab, kondisi itu disinyalir berhubungan dengan kejahatan siber.

"Kejadian blackout di Jakarta dan sekitarnya ada hubungannya dengan kejahatan siber. Saya sempat perintahkan penyelidikan," kata Idham saat meresmikan portal Patroli Siber.id di gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (14/8).

Idham mengungkap kecurigaannya dalam kasus padamnya arus listrik secara massal pada 4-5 Agustus 2019 itu terkait upaya serangan siber. Oleh karena itu, Direktorat Cyber Crime Bareskrim Polri dituntut bersiap menghadapi tantangan kejahatan lebih besar terjadi di dunia siber.

"Teroris sudah mengarah ke siber, penipuan, narkoba, bahkan mungkin blackout tanggal 4 kemarin," terangnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu tidak memungkiri, kejahatan siber bisa menyasar negara mana saja. Bahkan beberapa negara pernah mengalami hal serupa terkait peristiwa blackout.

Baca juga: Investigasi Listrik Padam Libatkan Pakar dari 7 PTN

"Ingat saya bilang Caracas terjadi, New York terjadi, London terjadi sangat mungkin kita di Indonesia terjadi," pungkasnya.

Sebelumnya, listrik padam terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (4/8) dan sebagainya berlanjut hingga Senin (5/8).

Menurut keterangan resmi dari PLN, pemadaman terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan trip, sedangkan Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (off). 

Selain itu, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip, sehingga mengakibatkan aliran listrik di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten mengalami pemadaman. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More