Rabu 14 Agustus 2019, 19:28 WIB

Pemerintah Lobi Tiongkok Buka Akses Pasar

Andhika prasetyo | Ekonomi
Pemerintah Lobi Tiongkok Buka Akses Pasar

Antara/Wahyu Putro
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kiri) berdiskusi dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

 

PEMERINTAH meminta Tiongkok untuk memberikan akses pasar yang lebih besar bagi produk-produk Indonesia. Permintaan itu diutarakan demi menekan defisit neraca dagang dengan Negeri Tirai Bambu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari-Mei 2019, Indonesia menderita defisit sebesar US$8,4 miliar dari Tiongkok.

"Saya sudah bicara dengan Menteri Perdagangan Tiongkok agar kita dapat akses pasar prioritas. Kita bisa isi dengan buah-buah tropis yang memang tidak mereka miliki," ujar Enggartiasto di Tangerang, Rabu (14/8).

Baca juga: Bank Mandiri Bantah Isu Bangkrut dan Diambil Alih Tiongkok

Enggartiasto menyadari permintaan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dikabulkan Tiongkok. Namun, mengingat hubungan kedua negara yang terjalin sangat baik, ia optimistis Tiongkok akan mau membuka diri.

"Yang defisit pasti mau menaikkan, yang surplus pasti mau mempertahankan. Jadi saya bilang kita seimbangkan sama-sama. Kita harus fair," tuturnya.

Guna memenuhi target tersebut, Enggartiasto memastikan bahwa kualitas komoditas Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara pesaing, terutama Malaysia dan Vietnam. (OL-8)

Baca Juga

Ist/Kementan

Petani Samarinda Manfaatkan Agens Hayati Ramah Lingkungan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:20 WIB
Dalam pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), penggunaan musuh alami lebih diutamakan dan menjadikan pestisida sebagai alternatif...
Dok. MI

Harga Energi Industri Masih Tinggi, Pemerintah Diminta Kaji Ulang

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 31 Mei 2020, 13:32 WIB
Apalagi, pandemi covid-19 telah menurunkan daya saing industri nasional. Mengingat permintaan di pasar domestik dan global alami...
AFP/Jeenah Moon

Andalkan AI, Microsoft PHK Puluhan Jurnalis

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 12:48 WIB
Beberapa pekerja yang terdampak berasal dari divisi Microsoft SANE (pencarian, iklan, Berita, Edge) dan dikontrak sebagai editor untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya