Rabu 14 Agustus 2019, 17:26 WIB

Jokowi Tegaskan Koalisi Parpol sudah Cukup

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Jokowi Tegaskan Koalisi Parpol sudah Cukup

MI/Panca Syurkani
Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin beserta parpol koalisi.

 

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan koalisi partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia sudah cukup tidak tambahan parpol lain.

"Jumlah 62% di parlemen sudah cukup. Waktu saya di Gubernur Jakarta, cuma 18% di DPRD, ya enggak apa-apa," kata Jokowi saat bertemu dengan pimoinan media di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Selain itu, saat dirinya bersama Jusuf Kalla memenangi Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, mereka juga hanya mengantongi 38% koalisi di parlemen. "Ya jalan juga meski satu tahun kemudian ada tambahan."

Jokowi mengatakan pilihannya menarik semua atau tidak menarik semua parpol ke koalisinya. "Semua parpol maunya bergabung. Kalau Gerindra bergabung, Demokrat, dan yang lain-lain mau bergabung. Masak jadi 100%. Enam puluh dua persen sudah cukup," katanya.

Baca juga: Ini Tantangan Jokowi Menyusun Kabinet

Jokowi juga mengatakan penyusunan kabinet sudah rampung tinggak diumumkan.

Mengacu pernyataan Presiden Jokowi, koalisi KIK sudah cukup dan dipastikan tidak ada menteri dari Partai Gerindra. Gerindra selama ini disebut-sebut akan bergabung ke koalisi Jokowi dan akan mendapat jatah menteri. (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More