Rabu 14 Agustus 2019, 15:19 WIB

Kabinet Baru Jokowi Bakal Yahud

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Kabinet Baru Jokowi Bakal Yahud

MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo saat diwawancarai Media Indonesia

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memastikan komposisi kabinet barunya bakal sangat bagus.

"Pokoknya, kabinet yahud," kata Jokowi ketika bertemu dengan pimpinan media di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Baca juga: Jokowi Harus Pastikan Periode Kedua Lebih Baik

Jokowi menyebut kabinetnya yahud, baik dari sisi komposisi maupun profil para menterinya. Komposisi kabinet periode 2019-2024 mendatang, yakni 55:45, di mana 55% dari kalangan profesional dan 45% dari kalangan partai politik.

Dari sisi profil, sejumlah menteri di kabinet saat ini akan dipertahankan karena kinerjanya selama ini dianggap mumpuni. Selain itu, Jokowi juga memilih menteri berusia muda untuk masuk ke dalam pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin. Calon menteri itu ada yang usianya di bawah 35 tahun, namun memiliki kemampuan manajerial dan eksekusi yang baik.

Jokowi juga memerintahkan kepada kabinetnya untuk bekerja cepat dan pintar dalam proses pengambilan keputusan. Pihaknya juga akan memberikan target kepada setiap menteri.

"Kecepatan menjadi gambaran besar kabinet ini. Saya akan berikan beberapa target supaya fokus dengan hasil terukur. Misalnya, Menteri ESDM harus bangun berapa kilang dalam 5 tahun atau Menrisetdikti harus punya berapa rektor asing," paparnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More