Rabu 14 Agustus 2019, 14:21 WIB

Kabinet Jokowi Siap Diumumkan

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Kabinet Jokowi Siap Diumumkan

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kabinet sudah rampung dibentuk dan dalam waktu dekat akan segera diumumkan.

"Sudah bisa saya umumkan, bisa segera, bisa juga Oktober. Tetapi pasar kelihatan menunggu dan berharap segera diumumkan," kata Jokowi ketika bertemu pimpinan media di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8).

Baca juga: Golkar Sambut Baik Rencana Partai Demokrat Gabung Jokowi

Jokowi mengatakan, komposisi kabinet periode 2019-2024 mendatang, yakni 55:45. Artinya, 55% dari kalangan profesional yang ia pilih sendiri dan 45% dari kalangan partai politik yang pengangkatannya telah ia komunikasikan dengan parpol.

Meskipun demikian, Jokowi belum mau menyebutkan berapa jumlah menteri dalam kabinetnya. "Kurang lebih ya sama seperti sekarang," katanya.

Pihaknya juga memastikan akan ada beberapa kementerian baru dan ada sejumlah kementerian yang akan dilebur. Adapun, saat ini jumlah kementerian di masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla sebanyak 34.

"Akan ada Kementerian Investasi. Itu artinya, BKPM ditingkatkan statusnya dari badan menjadi kementerian. Kementerian Luar Negeri kemungkinan menjadi Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Internasional (Foreign Affairs and International Trade)," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More