Rabu 14 Agustus 2019, 13:59 WIB

Mahasiswa Muhammadiyah Harus Jadi Umat Islam Berkemajuan

Ferdinand | Humaniora
Mahasiswa Muhammadiyah Harus Jadi Umat Islam Berkemajuan

MI/Arya Manggala
MANTAN Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin

 

MANTAN Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin memberikan pembekalan pada Grand Opening Masta Penyambutan Mahasiswa Baru 2019 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (14/8). Din mendorong 8.212 mahasiswa yang baru saja bergabung di bawah naungan perguruan tinggi tersebut untuk menjadi umat Islam berkemajuan. Sebab, hanya dengan itu umat Islam bisa memainkan peranan dalam peradaban dunia.

"Kalau umat Islam mau penyumbang peradaban dunia haruslah jadi umat berkemajuan. Sekarang kita mengalami banyak kemunduran, dalam bidang pluralitas dan pendidikan. Kita bersyukur UMS bisa mengisinya dengan menjadi perguruan tinggi Islam terbaik dunia," kata Din disambut gemuruh tepuk tangan mahasiswa.

Din yang memiliki latar belakang sebagai aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) itu juga mengajak mahasiswa untuk memahami Muhammadiyah secara benar. Sebab, sampai saat ini masih saja ada orang yang menganggap Muhammadiyah sebagai organisasi nyeleneh, tidak sesuai Islam, dan membawa pemahaman lain soal Islam. Bahkan, ada yang berpendapat Muhammadiyah adalah agama baru di luar Islam.

Din Syamsuddin menegaskan, itu semua salah. Muhammadiyah hanyalah organisasi, alat perjuangan. Organisasi bukan semacam mazhab atau aliran, melainkan hanya alat.

"Salah kalau ada umat Islam menganggap organisasi sebagai tujuan, sehingga Islam diturunkan di bawah organisasinya. Muhammadiyah hanya organisasi dakwah untuk kepentingan Islam dan umat Islam," kata Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia itu.

baca juga: Jokowi Beri Dukungan Delegasi Indonesia di Kompetisi WorldSkills

Masta merupakan tradisi penyambutan mahasiswa baru yang diprakarsai oleh IMM. Selama kegiatan mahasiswa baru akan diberikan berbagai materi agar lebih mengenal Muhammadiyah dan UMS. Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan, salah satu hal yang harus dipahami oleh setiap mahasiswa baru adalah UMS sebagai wacana keilmuan dan ke-Islaman. Semboyan itu merupakan keunggulan UMS dari perguruan tinggi yang lain. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More