Rabu 14 Agustus 2019, 10:10 WIB

Kawasan Pantai di Bangka Mulai Dipenuhi Plastik

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Kawasan Pantai di Bangka Mulai Dipenuhi Plastik

MI/Rendy Ferdiansyah
Pantai Temberan, Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka dipenuhi sampah plastik.

 

SAMPAH plastik kini mulai memenuhi pantai di Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Tepatnya di Pantai Temberan, Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Di sepanjang pantai yang menjadi destinasi wisata ini dipenuhi sampah plastik berserakan. Mulai dari kantong plastik, sedotan, wadah makanan hingga botol air minum.

"Sangat disayangkan, para pengunjung masih belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya," kata Rahmat, salah satu pengunjung pantai tersebut, Rabu (14/8).

Ia  meminta, peran aktif aparat desa atau remaja desa untuk membersihkan sampah plastik dan mengajak para pelajar untuk melakukan gerakan bersih pantai.

"Harusnya ada yang mengkoordinir jangan dibiarkan pantai yang merupakan kawasan wisata ini dalam keadaan kotor dengan sampah plastik," kritiknya.

Menanggapi permasalahan sampah plastik di pesisir pantai, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menegaskan, untuk di kawasan wisata, ia mengajak aparat desa, pengelola tempat wisata, hingga para komunitas untuk bersama-sama menjaga kawasan pantai agar tetap bersih.

"Tentunya kita tidak pernah capek untuk menyosialisasikan ini kepada masyarakat. Kita libatkan berbagai komunitas agar mereka lebih mengerti karena dalam suasana santai. Kalau pemerintah kan banyak penjelasan undang-undangnya, teorinya, mungkin kurang mengena," kata Erzaldi.

Pemprov, sebutnya, juga akan mengeluarkan aturan mengenai plastik. Menurutnya sudah ada peraturan gubernur untuk instansi pemerintah mengurangi plastik. Seperti botol minum yang lebih diutamakan menggunakan cangkir ketika menyuguhkan minuman untuk tamu.

baca juga: BNPB Tambah Helikopter Untuk Padamkan Karhutla

"Agar semua stakeholder dapat mengurangi penggunaan plastik, hingga akhirnya mengurangi sampah yang ditimbulkan dari plastik. Saya di ruangan juga sudah mulai mengurangi plastik," pungkasnya. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More