Rabu 14 Agustus 2019, 11:30 WIB

Facebook Dengarkan Pembicaraan Pengguna

Basuki Eka Purnama | Teknologi
Facebook Dengarkan Pembicaraan Pengguna

AFP/LOIC VENANCE
Logo Facebook

FACEBOOK mempekerjakan ratusan kontraktor untuk mendengarkan dan kemudian mentranskrip pembicaraan para penggunanya. Hal itu dilaporkan media massa Amerika Serikat (AS), Selasa (13/8).

Facebook mengakui praktik yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg itu. Namun, Facebook menegaskan mereka telah mendapatkan persetujuan dari para pengguna mereka dan praktik itu kini telah dihentikan.

"Seperti Apple dan Google, kami menghentikan pengawasan manusia terhadap pembicaraan audio, sepekan lalu," ujar Facebook.

Baca juga: Pakar: Facebook dan Instagram Lebih Berbahaya Ketimbang Faceapp

Kontraktor bertugas menguji kemampuan kecerdasan buatan Facebook menerjemahkan pesan dan pengguna yang datanya didengarkan adalah mereka yang menggunakan Facebook Messenger dan memilih agar pesan suara mereka ditrankrip.

Bloomberg melaporjan kontraktor yang berkerja dalam proyek itu terkejut saat mendengarkan rekaman audio karena kerap berisi pesan vulgar.

Amazon, Apple, dan Google--perusahaan yang memiliki asisten suara--sebelumnya, mengakui bahwa mereka mengumpulkan data pembicaraan pengguna dengan tujuan memperbaiki produk mereka. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More