Selasa 13 Agustus 2019, 19:18 WIB

Anies Belum Pastikan Taksi Online Tak Kena Ganjil-Genap

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Belum Pastikan Taksi Online Tak Kena Ganjil-Genap

MI/Bary Fatahillah
Uji coba perluasan rute ganjil-genap

 

KELUHAN sejumlah masyarakat selama masa uji coba kebijakan perluasan ganjil-genap yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan ditampung untuk menjadi bahan evaluasi sebelum menerapkan kebijakan itu pada September mendatang.

Salah satu keluhan berasal dari pengemudi taksi dalam jaringan (online) berbasis aplikasi. Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum bisa memastikan taksi online akan terbebas dari kebijakan ganjil-genap itu.

"Kita juga akan bicara dengan Dirjen Perhubungan Darat. Yang paling utama adalah menurunkan kepadatan lalu lintas agar bisa menurunkan pencemaran udara akibat kendaraan," terang Anies di Balai Kota, Selasa (13/8).

Selain dari pengemudi taksi online, keluhan juga datang dari masyarakat yang ingin mengakses sejumlah fasilitas umum yang bersinggungan secara langusng maupun tak langsung dengan kebijakan perluasan ganjil-genap.

Keluhan berasal dari masyarakat yang ingin menuju rumah sakit. Diketahui ada 3 rumah sakit yang bersinggungan dengan ruas jalan ganjil-genap.

Baca juga : Sosialisasi Ganjil-Genap Sampai ke Mal

Diantaranya, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Fatmawati, dan Rumah Sakit (RS) Carolus.

Anies menegaskan, karena itulah pihaknya membuat uji coba untuk melihat dampak yang bisa timbul dari kebijakan perluasan ganjil-genap tersebut.

"Itu mengapa peraturan gubernur belum dikeluarkan. Karena pada fase ini adalah fase uji coba tapi kalau tidak diselenggarakan uji coba maka tidak akan mulai mulai. Jadi kita akan bicara dengan semua pihak setelah itu selesai kita akan teruskan," terangnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut untuk mengakses RS yang terkena ganjil genap masyarakat bisa menggunakan ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang disediakan gratis.

Jika tetap ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalan lain yakni melalui Jalan Tugu Proklamasi dan berbelok ke Jalan Diponegoro.

"Dari situ belok kiri menuju Jalan Salemba Raya dan masuk ke RSCM atau menyeberang ke RS Carolus," terangnya dalam kesempatan terpisah.(OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More