Selasa 13 Agustus 2019, 18:02 WIB

Sudah Lebih dari Rp50 Miliar Anggaran Karhutla

Sri Utami | Humaniora
Sudah Lebih dari Rp50 Miliar Anggaran Karhutla

ANTARA FOTO/Tim gabungan pemadam Karhutla
Upaya pemadaman Karhutla di Aceh

 

UPAYA menanggulangi kebakaran lahan dan hutan di berbagai daerah areal gambut terus dilakukan. Satuan tugas dari berbagai institusi pun tidak henti melakukan pemantauan sekaligus pemadaman termasuk upaya penegakan hukum.

Pemerintah pun selalu menyiapkan anggaran setiap tahunnya untuk menanggulangi karhutla. Menurut Plt Kepala Pusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo lebih dari Rp50 milyar anggaran dikeluarkan untuk menanggulangi karhutla di berbagai daerah.

"Lebih (dari Rp50 miliar) anggaran sekarang sedang dikumpulkan," ujarnya kemarin.

Kemarau yang diperkirakan terjadi hingga September dengan terlebih puncak kemarau yang dihadapi dalam waktu dekat, harus selalu diwaspadai ancaman kerhutla yang meluas.

Dari pantauan BNPB Selasa (13/7) titik panas terbanyak berada di Kalimantan Barat yakni 391 titik panas. Terbanyak kedua masih dipegang oleh Riau dengan 230 titik panas dan Kalimantan Tengah dengan 180 titik panas.

"Total titik panas 863 titik panas. Dan tim memadamkan dengan menurunkan 34 helikopter serta 9.027 personil," tandasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More