Selasa 13 Agustus 2019, 14:12 WIB

Mentan Amran Sulaiman Titip Tiga Tugas pada Penggantinya

Andhika prasetyo | Ekonomi
Mentan Amran Sulaiman Titip Tiga Tugas pada Penggantinya

Antara/Fikri Yusuf
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kanan) mengamati buah Mangga siap diekspor.

 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menitipkan tiga pekerjaan utama untuk dilanjutkan Menteri Pertanian kabinet selanjutnya.

Tiga tugas penting tersebut meliputi pengembangan lahan rawa dan lebak yang memiliki potensi hingga 10 juta hektare (ha), pengoptimalan lahan tadah hujan melalui sistem irigasi yang baik, dan percepatan implementasi penggunaan minyak sawit mentah sebagai bauran bahan bakar solar sebanyak 30% atau B30.

Amran mengungkapkan, terkait pengembangan lahan rawa, saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) telah memulai program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

Untuk tahap awal, Kementan menargetkan pemanfaatan lahan rawa seluas 400 ribu hektare (ha) yang tersebar di tiga provinsi yakni Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

"Kalau bisa sampai 10 juta ha itu dibangunkan, kita bisa menghidupi satu miliar penduduk," ujar Amran di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8).

Yang kedua, terkait optimalisasi sawah tadah hujan, Kementan telah membangun sumur dalam, sumur dangkal, dam-dam kecil dan 3.000 embung yang bekerja sama  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Sekarang sudah banyak sawah yang bisa tanam sampai dua, tiga kali. Padahal dulu cuma sekali karena hanya mengandalkan air hujan," ucap Amran.

Yang terakhir adalah B30. Kebijakan andalan itu tidak hanya untuk mendorong penyerapan komoditas sawit di dalam negeri, tetapi juga untuk memangkas defisit migas yang menjadi momok menakutkan bagi negara.

"Semua itu adalah perintah presiden dan saya titip tiga hal itu," tandas Amran. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More