Selasa 13 Agustus 2019, 14:15 WIB

La Nyalla Ingin Jadikan DPD Motor Pemacu Ekspor Daerah

Eko Rahmawanto | Politik dan Hukum
La Nyalla Ingin Jadikan DPD Motor Pemacu Ekspor Daerah

Antara/Wahyu Putro A
La Nyalla Mattalitti.

 

ANGGOTA Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih periode 2019-2024, La Nyalla Mahmud Mattalitti, siap menjadikan DPD sebagai motor untuk mengakselerasi ekonomi daerah, termasuk untuk mendorong peningkatan ekspor dari berbagai daerah di Tanah Air.

Menurut La Nyalla, banyak pasar internasional yang belum sepenuhnya optimal digali potensinya sebagai tujuan ekspor. Oleh karena itu, ke depan, DPD harus bekerja memfasilitasi para pengusaha, khususnya UMKM, di berbagai daerah untuk merambah pasar ekspor.

Baca juga: Menhan Imbau Mahasiswa Waspadai Serangan Terhadap Pola Pikir

”Saya kira banyak peluang pasar baru yang belum sepenuhnya digali. Selama ini kan konsentrasi kita ke pasar ekspor yang sudah eksis seperti Jepang, Tiongkok, juga AS. Padahal pasar negara lain tidak kalah prospektif, dan relatif lebih minim pesaing, seperti kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Eropa Timur,” ujar La Nyalla, Selasa (13/8).

La Nyalla mencontohkan pasar di Republik Belarus. Sebagai ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jatim, La Nyalla baru saja menerima kunjungan Duta Besar Republik Belarus, Valery Kolesnik, Senin (12/8), untuk memperluas kerja sama perdagangan antara Jatim dan negara di kawasan Eropa Timur tersebut.

Berdasarkan data dari Belarus, negara tersebut mengimpor Belarus untuk produk perikanan dari berbagai negara di dunia mencapai US$361,6 juta atau sekitar Rp5,2 triliun. Impor ikan segarnya mencapai US$99,6 juta, ikan beku US$158,6 juta, filet ikan sebesar US$68,3 juta dan ikan kering, ikan asap dan ikan asin sebesar US$15,4 juta. Indonesia baru mengisi pasar ekspor itu senilai US$3,1 juta.

”Itu baru dari satu negara saja, yaitu Belarus. Dan baru dari pasar satu komoditas, yaitu perikanan. Bayangkan kalau DPD ke depan menggarap bareng-bareng banyak negara, disambungkan ke UMKM-UMKM daerah, kita kerja bantu terbukanya pasar ekspor dari UMKM daerah, pasti kesejahteraan cepat merata ke seluruh Indonesia,” jelas La Nyalla yang lolos menjadi senator DPD dengan perolehan lebih dari 2,2 juta suara warga Jatim.

Baca juga: Mahfud: Harus Ada Kesepakatan Bersama Sebelum Amandemen

”Saya juga lihat sendiri bagaimana hortikultura itu laris-manis di negara-negara berkekuatan ekonomi besar seperti Rusia. Daerah-daerah harus memanfaatkannya. Aksesnya harus dibuka, dan DPD bisa memainkan peran itu ke depan. Saya siap jadi pionirnya,” imbuh La Nyalla yang juga mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim.

La Nyalla menambahkan, ke depan siap mengajak para kepala daerah melalui para wakilnya di DPD untuk mengoptimalkan potensi daerah melalui program peningkatan ekspor. ”Ini juga selaras dengan tujuan besar Presiden Jokowi yang ingin memacu ekspor untuk memulihkan defisit neraca perdagangan Indonesia,” pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/DPR

Kembali Sekolah Saat Covid-19, Netty Heryawan: Jangan Dipaksakan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:34 WIB
Sementara itu, jumlah anak yang meninggal dunia dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 129 orang dari 3.324 anak...
MI/Fransisco Carolio

TNI-Polri Kawal New Normal, Kontras: Situasi Jadi Tidak Normal

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:15 WIB
Keterlibatan TNI-Polri dinilai sebagai penegasan terhadap realisasi wacana darurat sipil, yang sebelumnya ditolak masyarakat...
Ist/DPR

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid Sayangkan Kerusuhan di AS

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 14:08 WIB
Pada kesempatan itu, Meutya Hafid juga meminta pemerintah dalam hal ini perwakilan RI di Amerika Serikat untuk memastikan keselamatan para...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya