Selasa 13 Agustus 2019, 12:18 WIB

Polda Metro Jaya Hadirkan Aplikasi Peringatan Tilang Elektronik

M Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
Polda Metro Jaya Hadirkan Aplikasi Peringatan Tilang Elektronik

MI/PIUS ERLANGGA
Papan pemberitahuan penerapan kawasan tilang elektronik terpasang di simpang Sarinah, Jalan MH. Thamrin, Jakarta

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya (PMJ) terus berupaya memberikan edukasi pada pengguna lalu lintas agar tertib berlalu lintas di jalanan ibu kota.

Untuk mempermudah mengetahui keberadaan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik, kini ada tanda peringkatan di aplikasi penunjuk jalan Waze yang dapat diunduh di gadget masing-masing.

"Kehadiran warning E-TLE ini merupakan bentuk penegakan hukum yang menghadirkan unsur edukasi," kata Wakil Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes I Made Agus Prasatya saat dikonfirmasi, Selasa (13/8).

"E-TLE tidak hanya penegakan hukum, tapi unsur prevensi dan edukasi melalui aplikasi Waze diharapkan bisa mewujudkan budaya tertib berlalu lintas," imbuhnya.

Pengguna lalu lintas sangat dimudahkan saat menggunakan aplikasi Waze karena jika pengguna berkendara dan melewati jalur yang menjadi titik kamera E-TLE maka dalam layar gadget akan terpampang jelas unit kamera tersebut.

Baca juga: Efektivitas Tilang Elektronik Butuh Waktu Lima Tahun

Titik kamera E-LTE bukan hanya satu titik, dalam aplikasi Waze semua titik kamera terdeteksi dan tereksplorasi dalam layar.

"Sungguh terlalu jika masih ada pengendara yang melanggar lalu lintas," cetus I Made.

Adanya bantuan aplikasi Waze untuk mengetahui peringatan terhadap E-LTE berfungsi juga untuk merubah stigma negatif masyarakat terhadap beberapa oknum yang menganggap adanya E-LTE untuk meraup keuntungan.

"Kebijakan ini mematahkan pemikiran negatif beberapa oknum yang menganggap kami meraup untung dari tilang. Jadi salah besar jika ada pemikiran seperti itu," jelasnya.

Made berharap masyarakat atau pengguna lalu lintas dapat mematuhi lalu lintas bukan karena diterapkannya sistem E-LTE tetapi karena untuk menjaga keselamatan berkendara.

"Jangan hanya gara-gara itu (warning kamera E-TLE) kita jadi tertib berlalu lintas ya. Jadikanlah tertib berlalu lintas sebagai kebutuhan demi Kelancaran dan keselamatan anda di jalan raya," tutupnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More